simbolisme dalam novel durga umayi karya Y. B. Mangunwijaya

Sutji Hartiningsih, Dra (1997) simbolisme dalam novel durga umayi karya Y. B. Mangunwijaya. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-hartinings-36572-2.-ringk-n.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2014-hartinings-33129-10.fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang ditandai dengan judul simbolisme dalam novel durga umayi karya Y. B. Mangunwijaya ini, menarik untuk dipilih menjadi obyek penelitian dengan gaya cerita yang bersifat epik namun dalam bentuk sastra yang mungkin boleh disebut anti epik, pengarang mengantar peristiwa dengan cara yang lebih obyektif. Makna pengkhianatan dan kesetiaan, kemenangan dan kekalahan, kolektivitas dan kepentingan pribadi, seksualitas dan kegagalan merupakan konflik kejiwaan yang ditampilkan pengarang melalui tokoh-tokohnya. Hal lain yang menarik adalah bahwa novel-novel karya Y.B. Mangunwijaya pada umumnya mengandung unsur-unsur wayang terutama nama tokoh-tokohnya mengisyaratkan adanya unsur pewayangan (karakter dasar). Isi ceritanya mengungkapkan sejarah perjuangan bangsa Indonesia sejak jaman Hindia­ Belanda sampai orde baru tujuan dasar dari peneletian ini adalah untuk mengetahui unsur - unsur yang membangun sebuah novel serta keterkaitannya sebagai bagian dari keseluruhan. Selain itu juga ingin mengetahui sejauh mana pengarang menggunakan wayang sebagai simbol dalam novel tersebut. karena wayang merupakan bahasa simbol dari hidup dan kehidupan manusia.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 LP 809.93 Har s
Uncontrolled Keywords: ceritera wayang; fiksi indonesia
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1865-1988 Special types
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Sutji Hartiningsih, DraUNSPECIFIED
Depositing User: Ika Rudianto
Date Deposited: 04 Oct 2016 01:49
Last Modified: 04 Oct 2016 01:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42515
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item