AMPLlFIKASI GEN 16S rRNA Streptomyces sp ISOLAT TANAH GUNUNG SEMERU DAN POTENSI ANTIBAKTERI TERHADAP BAKTERI GRAM POSITIP DAN GRAM NEGATIP

TUTIK JUNIASTUTI,, -- (2012) AMPLlFIKASI GEN 16S rRNA Streptomyces sp ISOLAT TANAH GUNUNG SEMERU DAN POTENSI ANTIBAKTERI TERHADAP BAKTERI GRAM POSITIP DAN GRAM NEGATIP. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-juniastuti-36645-lp.04-14-a.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2014-juniastuti-33200-lp.04-14-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengobatan penyakit karena infeksi kuman pada umumnyamenggunakan obat antibiotika antara lain dari golongan Aminoglikosida misalnya Streptomisin (Katzung and Trevors. 2005). Seiring dengan meningkatnya jenis penyakit infeksi serta resistensi dan toksisitas dari antibiotika yang telah ada, maka pengembangan antibiotika masih berlangsung terus dengan pesat baik me1alui pencarian dan penemuan antibiotika baru yang lebih poten maupun modifikasi struktur molekul antibiotika lama secara semi sintetis untuk mendapatkan antibiotika yang lebih berdaya guna (Jhom, 1991). Salah satu us aha penemuan antibiotika baru, adalah melakukan isolasi dan identifikasi mikroba tanah yang diduga mempunyai peran penting dalam bidang bioteknologi terutama mampu memproduksi beberapa bioaktif metabolit sekunder yaitu antibiotika. Salah satu mikroba tersebut adalah Streptomyces sp . Sampai saat ini, banyak genom Streptomyces sp. sebagai sumber keaneka ragaman hayali belum diteliti, sehingga penelitian sekuen gen 16S rRNA Streptomyces sp. dari isolate tanah dataran tinggi perlu dilakukan. Berdasarkan peran penting Streptomyces sp yang nalltinya dapat dikembangkan sebagai alternatif pengobatan infeksi, maka penelitian ini dilakllkan untuk mencari isolat Streptomyc;Ys sp baru secara besar-besaran pada berbagai habitat, seperti tanah pegunungan di berbagai daerah Jawa Timur, dan diharapkan Streptomyces sp yang ditemukan pada lokasi tersebut adalah spesies yang survive di daerah tersebut. Secara umum penelitian ini bertujuan untllk menemukan Streptomyces sp jenis baru dari isolat tanah tanah Gunung Semeru yang survive, spesifik dan diharapkan mampu menghasilkan antibiotik. Jenis penelitian adalah penelitian eksploratif dengan sampel penelitian berupa tanah yang berasal dari dataran tinggi di Jawa Timur yaitu wilayah Ranu Regulo dan Ranu Pane yang terletak di lereng Gunung Semeru dengan asumsi kedua daerah tersebut pernah dilalui lahar gunung berapi. Masing-masing lokasi diambil 5 titik daerah pengambilan sampel dan dicampur menjadi satu kemudian dim~ukkan ke dalam botol steril.

Item Type: Other
Additional Information: KKA. KK. LP. 04/14 Jua a
Uncontrolled Keywords: Streptomyces sp., 16S rRNA, soil from Mount Semeru, Gram-positive and Gramnegative bacteria
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsEmail
TUTIK JUNIASTUTI,, --UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 15 Sep 2016 05:10
Last Modified: 15 Sep 2016 05:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42542
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item