Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Pemahaman Perancangan Percobaan Mahasiswa Semester VI Fakultas Kedokteran Hewan UNAIR

Kusriningrum Rochiman S., 130355375 (2003) Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Pemahaman Perancangan Percobaan Mahasiswa Semester VI Fakultas Kedokteran Hewan UNAIR. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2007-kusriningr-4093-lp1707-k.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2007-kusriningr-4093-lp1707.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tersedianya 2 SKS bagi mata kuliah Perancangan Percobaan untuk mahasiswa FKH UNAIR, memerlukan suatu metode pengajaran yang efektif dan efisien agar mahasiswa benar-benar memahami, menguasai, mampu menggunakannya dalam penyelesaian tugas akhir untuk pembuatan skripsi maupun setelah selesai studinya untuk kegiatan penelitian sesuai dengan bidangnya. Inovasi yang akan dilakukan dalam pola perkuliahan dan tutorial adalah penyediaan waktu kuliah (1 SKS) dilengkapi dengan pemberian diktat dan hand-out pada setiap awal kuliah, diskusi materi kuliah, kuis setelah 2-3 kali pertemuan kuliah. Waktu tutorial (1 SKS) dilengkapi dengan pemberian tugas dalam modul untuk sub kelompok-kelompok terdiri dari 10-15 orang, tiap minggu serta tugas pekerjaan rumah bagi setiap mahasiswa. Evaluasi dilaksanakan dengan melihat kehadiran mahasiswa pada waktu kuliah dan tutorial, pemberian kuis-kuis, tugas-tugas, UTS I, UTS II, dan UAS. Hasil setelah kegiatan adalah terjadi peningkatan kualitas pembelajaran dan pemahaman Perancangan Percobaan. Hasil tersebut diperlihatkan dengan kenaikan cukup tinggi dari nilai rata-rata kelas, kenaikan yang mencolok jumlah nilai A dan A/B serta penurunan tajam jumlah nilai D terlebih untuk jumlah nilai E, bila dibandingkan sebelum kegiatan (semester lalu). Untuk meningkatkan kualitas Pembelajaran dan Pemahaman Perancangan Percobaan diperlukan: 1. Disiplin datang tepat waktu, dan disiplin pada waktu kuliah maupun tutorial. 2. Diskusi setelah kuliah, dan kuis setelah 2 atau 3 kali kuliah. 3. Tutorial terjadwal selama 2 jam /minggu, dilakukan diskusi dalam sub kelompok untuk menyelesaikan tugas dalam modul, dibawah bimbingan dosen pembimbing. 4. Pemberian tugas pekerjaan rumah dengan soal sama dan sesuai dengan tugas modul, tetapi data berbeda untuk setiap mahasiswa.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP 17/07 Kus p
Uncontrolled Keywords: VETERINARY LABORATORIES-STUDY AND TEACHING
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Kusriningrum Rochiman S., 130355375UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 13 Sep 2016 04:25
Last Modified: 28 Dec 2017 00:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42610
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item