ISOLASI DAN UJI ANTIKANKER SENYAWA BIOAKTIF DARI FRAKSI NON-POLAR, SEMI-POLAR, DAN POLAR PADA LUMUT HATI Plagiochila sandei Dozy

Hery Suwito, Drs. and Pratiwi Pudjiastuti, Dra., M.Si. (2004) ISOLASI DAN UJI ANTIKANKER SENYAWA BIOAKTIF DARI FRAKSI NON-POLAR, SEMI-POLAR, DAN POLAR PADA LUMUT HATI Plagiochila sandei Dozy. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2007-suwitohery-4286-lp7707-k.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2007-suwitohery-4286-lp7707.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lumut adalah tanaman yang membutuhkan daerah basah untuk pertumbuhannya. Indonesia yang memiliki hutan tropis yang sangat Iuas merupakan tempat yang ideal bagi tumbuhnya lumut. Walaupun demikian, para ahli kimia bahan alam Indonesia masih sedikit yang menaruh perhatian pada tumbuhan golongan ini. Publikasi ilmiah tentang tanaman ini lebih banyak ditulis oleh peneliti dari Eropa dan jepang. Tumbuhan lumut mengandung senyawa metabolit sekunder seperti terpenoid, flavonoid dan senyawa golongan fenolik yang dapat berkhasiat obat (Mues, 1990). Lumut hati dari genus Plagiochila terutama tumbuh di daerah tropis. Genus ini dikenal sebagai sumber yang kaya akan bermacam-macam metabolit sekunder, seperti terpenoid, flavonoid, dan senyawa-senyawa aromatis. Akan tetapi, mayoritas spesies Plagiochila belum diteliti karena sulitnya mendapatkan sampel dalam jumlah yang memadai untuk dilakukan penelitian (Valcic, et al., 1996). Walaupun demikian, telah banyak pula peneliti yang melaporkan hasil penelitiannya tentang kandungan kimia dari beberapa spesies Plagiochila. Lumut hati Plagiochila sandei Dozy merupakan tanaman endemik yang tumbuh di lereng Gunung Halimun Jawa Barat. Dengan menggunakan GC-MS, peneliti telah berhasil mengidentifikasi beberapa senyawa dari ekstrak eter tanaman Plagiochila sandei Dozy. Senyawa¬senyawa tersebut antara lain viridiflorol, maliaan-5-ol, 5(6)-fusicocadiene dan fusicogigantepoxide. Senyawa-senyawa tersebut memiliki gugus epoksida. Akan tetapi dalam ekstrak ini masih banyak fraksi-fraksi yang belum dapat diisolasi dan diidentifikasi. Berdasarkan penelusuran literatur belum ada laporan yang mengungkap kandungan kimia dalam lumut Plagiochila sandei Dozy. Berdasarkan data pendahuluan yang diperoleh nampak bahwa tanaman Iumut ini memiliki potensi yang cukup besar untuk ditemukannya senyawa memiliki LC50 terhadap Artemia salina Leach pada konsentrasi 295,2 ppm. Besarnya nilai LC50 ini menunjukkan bahwa fraksi yang diuji tidak memiliki sifat sitotoksik terhadap Artemia salina Leach.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP 77/07 Suw i
Uncontrolled Keywords: PLAGIOCHILA; ANTICANCER AGENTS
Subjects: Q Science > QK Botany > QK1-989 Botany
R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia
Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsEmail
Hery Suwito, Drs.UNSPECIFIED
Pratiwi Pudjiastuti, Dra., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Elvi Mei Tinasari
Last Modified: 28 Sep 2016 11:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42651
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item