LAPORAN PER SEGMEN SEBAGAI ALAT BANTU MANAJER DALAM MENILAI KINERJA TIAP LINI PRODUK PADA PT. "X" DI GRESIK

Candra Septiana, 040234674-E (2006) LAPORAN PER SEGMEN SEBAGAI ALAT BANTU MANAJER DALAM MENILAI KINERJA TIAP LINI PRODUK PADA PT. "X" DI GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-septianaca-954-a_22_06.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-septianaca-954-a_22_06.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bagi seorang manajer yang perusahaannya mempunyai beberapa lini produk, adalah pentingnya baginya untuk mengetahui kinerja dan kontribusi masing-masing produk terhadap pencapaian laba secara keseluruhan. Laporan per segmen dibuat untuk menilai kinerja suatu produk dalam menghasilkan laba dan mendeteksi faktor-faktor penyebab dari laba atau rugi yang dihasilkan suatu produk. Perusahaan yang menjadi obyek penelitian adalah PT "X" yang bergerak dibidang tekstil. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa perlu membuat laporan per segmen dengan metode variabel costing, karena laporan tersebut menampilkan marjin kontribusi dan marjin segmen di berbagai segmen produk sehingga membantu pihak internal mendapatkan informasi yang relevan terperinci dan akurat. Laporan per segmen metode variabel costing menunjukkan bahwa tingkat marjin kontribusi dan marjin segmen sarung merek "Y" paling besar, hal ini menunjukkan bahwa sarung merek "Y" memberikan kontribusi laba yang paling besar. Marjin kontribusi dan marjin segmen sarung merek "Y" tahun 2002 sebesar 35,1% dan 33,3%, sedangkan 2003 sebesar 41,2% dan 39,5%. Sarung merek "Z" memiliki marjin kontribusi dan marjin segmen yang cukup besar, pada tahun 2002 sebesar 23,2% dan 18,5%, sedangkan tahun 2003 sebesar 24,5% dan 20,5%. Marjin kontribusi dan marjin segmen sarung merek "X" paling kecil, tahun 2002 sebesar 18,1% dan 13,3%, sedangkan tahun 2003 sebesar 14,5% dan 10,1% oleh karena itu perusahaan perlu mengidentifikasi penyebab menurunnya marjin kontribusi dan marjin segmen tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK-2 KKB A 22/06 Sep l
Uncontrolled Keywords: BUSINESS ENTERPRISES - FINANCE
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1010-1014 The merchant. Business enterprises
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
Candra Septiana, 040234674-EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSRI ISWATI, Dr. Hj., SE., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 20 Apr 2006 12:00
Last Modified: 29 Sep 2016 02:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4267
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item