KONSEP SELAMAT KEPERCAYAAN MANUSIA JAWA (KEJAWEN)

Hariawan Adji, S.T., M.Kes and Ema Faiza, S.S. and Julia Indarti, S.S (2006) KONSEP SELAMAT KEPERCAYAAN MANUSIA JAWA (KEJAWEN). Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2008-adjihariaw-6837-lp7308-t.pdf

Download (439kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-adjihariaw-6642-lp32_08-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan secara sistematis konsep selamat, selametan dan keselamatan yang secara umum dianut oleh berbagai aliran tersebut. Karena ajaran selamat, selametan dan `keselamatan merupakan inti kepercayaan manusia Jawa, maka dengan mengetahui ajaran konsep-konsep tersebut, kepercayaan manusia Jawa dapat disistematisasi. Dari segi sumber datanya, penelitian ini merupakan perpaduan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian ini dapat dikelompokkan sebagai penelitian kepustakaan dan sekaligus penelitian lapangan karena penelitian ini mendapatkan data-data utamanya baik dari kepustakaan maupun dari fenomena yang terjadi di masyarakat. Dari segi metode analisisnya, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Maksudnya adalah bahwa penelitian ini mendeskripsi fenomena ajaran manunggaling kawula Gusti dalam masyarakat Jawa. Dari deskripsi tersebut dicoba disusun kembali (disistemasi) konsep keselamatan dalam ajaran tersebut. Keselamatan bagi manusia Jawa memiliki dua lingkup, yaitu duniawi dan `surgawi. Keselamatan duniawi adalah keselamatan di masa kini dan di dunia ini. Keselamatan ini berupa keadaan damai, sejahtera, sehat dan tenteram, baik jasmani maupun rohani. Keselamatan duniawi jasmani berarti kecukupan dalam hal sandang, pangan dan papan, sedangkan keselamatan duniawi rohani adalah keadaan tenteram dan damai sejahtera. Sedangkan keselamatan `surgawi adalah keselamatan yang akan dinikmati di masa nanti yaitu setelah kehidupannya di dunia ini berakhir. Ada beberapa sarana praktis yang digunakan oleh orang Jawa untuk mencapai keselamatan, yaitu: selamatan; ruwatan; primbon; petungan; wirid, mantera dan aji-aji; ngalamat; dan jimat.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 LP.73/08 Adj k
Uncontrolled Keywords: Orang Jawa, Kejawen, Manunggaling kawula Gusti, keselamatan, keselamatan duniawi, keselamatan `surgawi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL300-325 The Myth, Comparative Mythology
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Hariawan Adji, S.T., M.KesUNSPECIFIED
Ema Faiza, S.S.UNSPECIFIED
Julia Indarti, S.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Elvi Mei Tinasari
Date Deposited: 15 Jun 2017 21:38
Last Modified: 15 Jun 2017 21:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42672
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item