PENGARUH PAKAN IKAN LOU HAN YANG BEREDAR DI PASARAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PERUBAHAN WARNA. LOU HAN RED DIAMOND

Muhammad Arief, Ir., M.Kes. and Agustono, Ir., M.Kes. and M. Anam Al Arif, Drh., MP (2005) PENGARUH PAKAN IKAN LOU HAN YANG BEREDAR DI PASARAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PERUBAHAN WARNA. LOU HAN RED DIAMOND. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2008-ariefmuham-6552-kkckkl-k.pdf

Download (446kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2008-ariefmuham-6552-lp2108-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lou Han merupakan salah satu ikan hias yang banyak digemari di Indonesia dan berasal dari keluarga Cichlidae. Siklid merupakan keluarga besar yang terdiri atas ratusan spesies. Perkawinan silang antar Lou Han terbukti menghasilkan Lou Han yang cukup baik kualitasnya dengan ciri-ciri fisik tertentu, yaitu pada aspek warna, rajah dan keindahan bentuk. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap perubahan warna ikan Lou Han adalah dengan pemberian pakan buatan di samping faktor genetic ikan tersebut. Terdapat banyak produk pakan Lou Han yang beredar di pasaran dan menawarkan keunggulan masing-masing antara lain untuk pertumbuhan, perubahan warna, perkembangan nonong dan penampakan sisik mutiara, sehingga membuat bingung konsumen untuk memilihnya. Terdapat juga strategi pasar yang membuat pakan yang dwifungsi atau tiga fungsi. Penelitian ini dilakukan untuk menguji berbagai merk pakan Lou Han yang beredar di pasaran terhadap perubahan warna khususnya warna merah pada ikan Lou Han Red Diamond, di samping itu untuk mengetahui pertumbuhan (pertambahan berat badan) ikan. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 4 macam perlakuan pakan dan 4 ulangan. Masing-masing ulangan berisi 5 ekor ikan Lou Han. Adapun 4 macam perlakuan pakan lou han tersebut adalah Z (A), FH (B), A (C) dan HF (D). Pakan diberikan sebanyak 3 x sehari yaitu pada pagi, siang dan sore hari selama 4 minggu. Variabel yang diamati adalah pertambahan berat badan per-hari serta perubahan warna pada akhir penelitian. Rata-rata pertambahan berat badan per-hari ikan lou han dengan pemberian beberapa merk pakan komersial adalah : pakan A sebesar 0,1550 gram, pakan B sebesar 0,1846 gram, pakan C sebesar 0,1423 gram dan pakan D sebesar 0,1626 gram. Uji anava menunjukkan tidak adanya perbedaan yang nyata pada keempat perlakuan. Rata-rata skala warna ikan lou han pada akhir penelitian dengan pemberian beberapa merk pakan komersial adalah : pakan A skala 2 , pakan B skala 1,75 , pakan C skala 2,75 dan pakan D skala 3,25. Uji Kruskal Wallis dan uji Z menunjukkan bahwa pakan D berbeda nyata dengan pakan A dan B namun tidak berbeda nyata dengan pakan C. Pakan A tidak berbeda nyata dengan pakan B, namun berbeda nyata dengan pakan C dan D. Saran yang bisa diberikan dari hasil penelitian ini adalah hendaknya hobiis dalam membeli pakan untuk ikan Lou Han sebaiknya memeriksa terlebih dahulu kadar nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan ikan dan sumber pigmen warnanya, meskipun harganya relatif mahal.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP 21/08 Ari p
Uncontrolled Keywords: Pakan ikan; Lou Han; Pertumbuhan; Perubahan warna;
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
T Technology > TS Manufactures > TS2284-2288 Animal feeds and feed mills. Pet food industry
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsEmail
Muhammad Arief, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Agustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
M. Anam Al Arif, Drh., MPUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Elvi Mei Tinasari
Date Deposited: 04 Oct 2016 08:12
Last Modified: 04 Oct 2016 08:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42690
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item