FAKTOR-FAKTOR YANG MENJADI MOTIVASI EKOTURIS DALAM KEGIATAN PARIWISATA BERBASIS ALAM (ECOTOURISM) SEBAGAI UPAYA PENAJAMAN SEGMENTASI PASAR INDUSTRI EKOWISATA DI WANA WISATA COBAN RONDO, MALANG

Dian Yulie Reindrawati, S.Sos., MM. and Nur Ermma Suriani, S.Sos. (2005) FAKTOR-FAKTOR YANG MENJADI MOTIVASI EKOTURIS DALAM KEGIATAN PARIWISATA BERBASIS ALAM (ECOTOURISM) SEBAGAI UPAYA PENAJAMAN SEGMENTASI PASAR INDUSTRI EKOWISATA DI WANA WISATA COBAN RONDO, MALANG. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2008-authorrein-7307-lp129_0-k.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2008-authorrein-7042-lp129_08.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa sajakah yang menjadi motivasi ekoturis (ecotourists) dalam kegiatan kepariwisataan berbasis alam (ecotourism) di Wana Wisata Coban Rondo dan kebutuhan (needs) apa sajakah yang dibutuhkan oleh para ekoturis (ecotourists) ketika berkunjung ke Walla Wisata Coban Rondo. Penelitian ini bersifat survey eksploratif, dimana peneliti berupaya menggali faktor-faktor yang menjadi motivasi clan para ekoturis dalam mengikuti kegiatan berbasis alam di Walla Wisata Coban Rondo dan mengidentifikasi kebutuhan (needs) mereka selama berwisata di sana. Lokasi penelitian ditetapkan secara purposive di Wana Wisata Coban Rondo, Malang. Dalam pengumpulan data ini, peneliti menggunakan tiga metode, yaitu: Kuesioner, Observasi, dan Penggunaan Bahan dokumen. Sementara itu, yang menjadi populasi penelitian adalah wisatawan/pengunjung Wana Wisata Coban Rondo. Metode pengambilan sample wisatawan dilakukan dengan cam Accidental Sampling. Data yang terkumpul kemudian akan diklasifikasikan, dianalisis, dan diuraikan secara mendetail dengan uraian-uraian kualitatif Oleh karena itu, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif, artinya dari data yang diperoleh dilakukan pemaparan serta interpretasi secara mendalam dan sejauh mungkin dilakukan pembahasan teoritis sehingga diharapkan dapat diperoleh kesimpulan yang memadai. Untuk mendukung temuan data kualitatif dalam penelitian ini analisa data kuantitatif juga dilakukan Sedangkan data kuantitatif akan terbatas pada penyajian dalam bentuk tabel frekuensi yang digunakan untuk melengkapi uraian deskripsi. Hasil penelitian adalah sebanyak 52% responden menyatakan memiliki motif ingin bersantai dalam kegiatan wisata alam di Coban Rondo dan 32% didorong oleh rasa ingin tabu. Ketika diwawancara lebih lanjut, rasa ingin tahu ini karena memang responden belum pernah ke sana dan ingin mencoba program-program baru yang ditawarkan Coban Rondo. Motif bersantai memang sangat mendominasi motif wisata pengunjung di Coban Rondo. Selepas aktivitas keseharian yang melelahkan maka kepenatan dan stress akan hilang dengan mengunjungi tempat yang alami dengan rimbunan hutan asri yang hijau. Motif fisik adalah motif wisata terbanyak dari responden. Kebutuhan fisik dan emosi secara keseluruhan sudah terpenuhi bagi 70% responden. Sedangkan faktor kurang memadainya fasilitas menjadi penyebab utama ketidakpuasan pengunjung.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 LP 129/08 Rei f
Uncontrolled Keywords: Motivasi, ekoturis, ecotourism, kebutuhan wisatawan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsEmail
Dian Yulie Reindrawati, S.Sos., MM.UNSPECIFIED
Nur Ermma Suriani, S.Sos.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Elvi Mei Tinasari
Last Modified: 26 Sep 2016 05:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42726
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item