OPTIMALISASI STRUKTUR EKONOMI PROPINSI JAWA TIMUR MELALUI PEMBERDAYAAN DI SEKTOR BASIS

Bustani Berachim, - and Nurul Istifadah, - (2005) OPTIMALISASI STRUKTUR EKONOMI PROPINSI JAWA TIMUR MELALUI PEMBERDAYAAN DI SEKTOR BASIS. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2008-berachimbu-6777-lp96_08-k.pdf

Download (442kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemberdayaan dan peningkatan peran Jawa Timur terhadap perekonomian nasional memerlukan optimalisasi sektor basis (sektor kunci) sebagai sektor yang mampu menggerakkan sektor-sektor lain. Optimalisasi pengembangan di sektor basis, secara tidak langsung akan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat Jawa Timur. Kegiatan basis dapat sebagai penggerak pertama (prime mover role) dimana setiap perubahan mempunyai efek multiplier terhadap perekonomian regional. (Glasson, 1990: 64) Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis pola struktur ekonomi provinsi Jawa Timur sejak Pelita I tahun 1969 sampai sekarang; (2) mengidentifikasi sektor ekonomi yang merupakan sektor basis yang perlu dikembangkan sebagai sektor potensial di provinsi Jawa Timur sehingga mampu memacu tingkat pertumbuhan ekonomi; (3) merumuskan strategi pemberdayaan pada sektor basis sebagai sektor kunci di Jawa Tirnur; dan (4) merumuskan strategi pembangunan sektoral yang perlu diterapkan sehingga dapat mengotimalkan pertumbuhan ekonomi provinsi Jawa Timur. Penelitian dilakukan secara kualitatif eksplanatori. Penelitian ini mengidentifikasi dan menganalisis sektor basis yang merupakan sektor yang paling dominan (sektor kunci) dan dapat sebagai penggerak sektor-sektor lainnya di provinsi Jawa Timur. Disarnping itu, dianalisis juga tentang perubahan pola sektoral sejak pelita 1 sampai dengan sekarang. Untuk melihat sektor apakah yang paling dominan di Jawa Timur dilakukan analisis dengan menggunakan metode Strategi pemberdayaan pembangunan di sektor basis sebagai sektor kunci di provinsi Jawa Timur adalah dengan (a) mengalokasikan dana perencanaan pembangunan secara konsisten terutama untuk sektor basis, (b) prioritas pengembangan untuk sektor basis terlebih dulu, baru kemudian untuk sektor lainnya, dan (c) kebijakan pemerintah daerah Jawa Timur hendaknya secara konsisten mendorong pertumbuhan di sektor basis. Untuk mengoptimalkan pembangunan ekonomi di Jawa Timur, strategi pembangunan yang perlu dilakukan adalah strategi pembangunan tidak berimbang dengan prioritas pada sektor basis. Prioritas pembangunan pada sektor basis diharapkan dapat mendorong sektor-sektor lain (basis dan non basis) untuk berkembang.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 LP 96/08 Ber o
Uncontrolled Keywords: Struktur ekonomi; Pemberdayaan; peningkatan ekonomi
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3820-3836 Economic constitution, policy, planning, and development
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsEmail
Bustani Berachim, -UNSPECIFIED
Nurul Istifadah, -UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Elvi Mei Tinasari
Date Deposited: 27 Dec 2017 23:18
Last Modified: 27 Dec 2017 23:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42751
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item