PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SLTP DI SURABAYA: IMPLEMENTASI DAN KENDALA YANG DIHADAPI

Layli Hamida, S.S. and Lusvita Fitri Nuzulianti, S.S. and Lina Puryanti, S.S. (2005) PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SLTP DI SURABAYA: IMPLEMENTASI DAN KENDALA YANG DIHADAPI. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2008-hamidalayl-6818-lp1470-k.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2008-hamidalayl-6818-lp1470-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berkeinginan untuk mengetahui penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi mata pelajaran bahasa Inggris di SLTP di Surabaya berikut kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Masalah ini penting untuk dikaji karena penerapan kurikulum berkaitan dengan keberhasilan pendidikan di Indonesia. Sehingga temuan-temuan apapun dalam implementasinya akan sangat berguna untuk keberhasilan kurikulum tersebut dan tentu saja keberhasilan pendidikan di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif. Secara purposive penelitian ini menetapkan dua lokasi penelitian berdasarkan pertimbangan ekonomi, sosial dan alasan logis empiris kondisi SLTP di Surabaya. Lokasi penelitian adalah SLTP Negeri 5 dan MTs Negeri I Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi dengan guru dan siswa sebagai obyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KBK bahasa Inggris sudah diterapkan di kedua lokasi penelitian, akan tetapi pelaksanaannya masih bersifat setengah-setengah. Kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan KBK bahasa Inggris tersebut antara lain adalah sosialisasi yang belum merata dan komprehensif, mindset guru yang belum berubah, penerapan kebijakan yang masih setengah-setengah, budaya belajar siswa yang masih mengikuti pola lama, serta sarana prasarana yang belum sepenuhnya menunjang implementasi KBK.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 LP 147/08 Ham p
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Berbasis Kompetensi, Mata Pelajaran Bahasa Inggris, Guru dan Siswa
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > PE1585 English language -Semantics
Q Science > Q Science (General) > Q181-183 Study and Teaching
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsEmail
Layli Hamida, S.S.UNSPECIFIED
Lusvita Fitri Nuzulianti, S.S.UNSPECIFIED
Lina Puryanti, S.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Elvi Mei Tinasari
Last Modified: 20 Sep 2016 05:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42782
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item