POTENSI EKSTRAK BUAH MAHKOTA DEWA (Phaleria Macrocarpa) SEBAGAI ANTIOKSIDAN DALAM PENGATURAN PROFIL LIPID DARAH MENCIT

Rochmah Kurnijasanti, NIDN. 0019077004 and Kadek Rahmawati, drh., M.Kes. (2006) POTENSI EKSTRAK BUAH MAHKOTA DEWA (Phaleria Macrocarpa) SEBAGAI ANTIOKSIDAN DALAM PENGATURAN PROFIL LIPID DARAH MENCIT. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2008-kurnijasan-7107-lp1320-t.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2008-kurnijasan-7242-lp13208.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk membuktikan bahwa ekstrak buah mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) sebagai antioksidan mempunyai kemampuan dalam pengaturan profil lipid darah mencit. Tujuan khususnya untuk membuktikan bahwa ekstrak buah mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) sebagai antioksidan dapat menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL serum darah mencit. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorik dengan memakai rancangan acak lengkap. Dalam penelitian ini digunakan hewan percobaan mencit jantan umur 2-3 bulan, sehat dengan berat badan 20-30 gram sebanyak 30 ekor. Prosedur penelitian : tahap persiapan hewan coba diadaptasikan dengan kondisi lingkungan, pakan dan minum selama 1 minggu. Tahap perlakuan seluruh hewan percobaan dibagi secara acak dalam 5 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 6 ekor mencit. Ekstrak buah mahkota dewa diberikan secara oral dengan menggunakan sonde sehari sekali pada pagi hari sebelum pemberian pakan selama 5 minggu. Pembagian kelompok perlakuan adalah sebagai berikut: PO (-) : Kontrol negatif yaitu kelompok mencit yang diberi pakan standar. PO (+) : Kontrol positif yaitu kelompok mencit yang diberi pakan tinggi lemak. P1 : Kelompok mencit yang diberi pakan tinggi lemak dan ekstrak buah mahkota dewa dosis 25 mg/kg bb. P2 : Kelompok mencit yang diberi pakan tinggi lemak dan ekstrak buah mahkota dewa dosis 50 mg/kg bb. P3 : Kelompok mencit yang diberi pakan tinggi lemak dan ekstrak buah mahkota dewa dosis 100 mg/kg bb. Pengambilan sampel darah pada hari terakhir , sebelum pengambilan darah hewan dipuasakan selama 12 jam selanjutnya darah diambil secara intra cardial untuk pemeriksaan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL. Data hasil pemeriksaan dianalisis dengan ANOVA menggunakan program SPSS. Jika ada perbedaan diantara perlakuan dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan. Hasil analisis dengan ANOVA menunjukkan terdapat perbedaan yang nyata (P<0,05) diantara perlakuan pada pemeriksaan kadar kolesterol total maupun kolesterol LDL. Penurunan terendah kadar kolesterol total maupun kolesterol LDL ditunjukkan pada perlakuan P3 (diberi pakan tinggi lemak + ekstrak buah mahkota dewa 100 mg/kg bb) yang tidak berbeda nyata dengan kadar kolesterol total dan kadar kolesterol LDL pada kelompok PO (-) yaitu kelompok yang diberi pakan standar dan berbeda nyata dengan kelompok PO (+) yaitu kelompok yang diberi pakan tinggi lemak dan juga berbeda nyata dengan kelompok perlakuan P1 dan P2 yaitu kelompok yang diberi pakan tinggi lemak dan diberi ekstrak buah mahkota dewa dosis 50 mg/kg bb dan 25 mg/kg bb.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP.132/08 Kur p
Uncontrolled Keywords: Mahkota Dewa Fruits Extract; Antioxidant
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV4905-4959 Animal experimentation. Anti-vivisection
S Agriculture > SB Plant culture > SB354-402 Fruit and fruit culture
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Rochmah Kurnijasanti, NIDN. 0019077004UNSPECIFIED
Kadek Rahmawati, drh., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Elvi Mei Tinasari
Last Modified: 19 Sep 2016 06:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42824
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item