PENERAPAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DALAM DESAIN DAN PENGEMBANGAN JASA PADA NASABAH KREDIT BANK "X" DI SIDOARJO

Kartika Damayanti, 040013424 E (2006) PENERAPAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DALAM DESAIN DAN PENGEMBANGAN JASA PADA NASABAH KREDIT BANK "X" DI SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-damayantik-1022-b_21_06.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
4283.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini para konsumen semakin sadar dan peduli dengan kualitas barang dan/ jasa yang dikonsumsinya. Hal ini membuat para pemasar juga harus semakin memperhatikan kualitas barang dan/ jasa yang diproduksinya. Bagi para pemasar jasa, tantangan untuk perbaikan kualitas menjadi lebih rumit daripada produk berupa barang, karena jasa memiliki beberapa karakteristik yang khusus, diantaranya : tidak berwujud, tidak memiliki standarisasi, diproduksi dan dikonsumsi pada saat yang sama, serta tidak dapat disimpan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas jasa adalah dengan mendesain dan mengembangkan jasa yang didasarkan pada kebutuhan dan harapan pelanggan. Quality Function Deployment (QFD) adalah sebuah metode perencanaan dan pengembangan produk yang memungkinkan pemasar dalam mengidentifikasi dengan jelas keinginan dan kebutuhan pelanggan, dan kemudian mengevahiasi secara sistematis kemampuan masing-masing produk yang diusulkan dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan kata lain, QFD bertujuan untuk mengidentifikasi suara pelanggan dan menggunakannya dalam tiap tahap pengembangan hingga produksi. Dengan proses desain dan pengembangan jasa yang baik, maka para pemasar jasa dapat mengurangi biaya yang mungkin timbul sebagai akibat dari modifikasi atau desain ulang jasa. Selain itu, jika jasa yang ditawarkan oleh pemasar tepat sesuai dengan harapan pelanggan sedan awal, maka pemasar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Namun proses desain jasa tidak berhenti sampai disini saja, perusahaan harus terus dapat menciptakan jasa barn atau memperbaiki jasa saat ini, sesuai dengan perubahan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dengan demikian, perusahaan dapat terus menjadi yang terdepan dalam usahanya untuk memuaskan kebutuhan pelanggannya dan memenangkan persaingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 21/06 Dam p
Uncontrolled Keywords: QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT ; CONSUMER CREDIT
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG3691-3769 Credit. Debt. Loans
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Kartika Damayanti, 040013424 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorINDRIANAWATI USMAN, Dra. Ec., MSc.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 26 Apr 2006 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 19:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4283
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item