BERBAGAI FAKTOR DOMINAN YANG BERKAITAN DENGAN KEJADIAN AUTISME PADA BALITA DI SURABAYA

Nur Mukarromah, SKM.,M.Kes. and Lutfi Agus Salim, SKM.,M.Si. (2005) BERBAGAI FAKTOR DOMINAN YANG BERKAITAN DENGAN KEJADIAN AUTISME PADA BALITA DI SURABAYA. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2008-nurmukarro-6810-kkckkl-k.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2008-nurmukarro-6810-lp3908-b.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berbagai faktor yang berkaitan dengan kejadian autisme diantaranya adanya pengaruh negatif selama perkembangan otak antara lain penyakit infeksi yang mengenai susunan syaraf pusat, trauma, keracunan Iogam berat dan zat kimia lain baik selama masa dalam kandungan maupun setelah dilahirkan, gangguan imunologis, gangguan absorbsi protein tertentu akibat kelainan di usus. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mempelajari berbagai faktor dominan yang mempengaruhi terjadinya autisme pada balita di Surabaya Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian epidemiologik analitik observasional dengan desain case control, dengan sampel sebanyak 162 anak terdiri dari 81 anak balita yang telah terdiagnosa autisme dapatan dan 81 anak sehat sebagai kontrol yang terdapat di kota Surabaya. Uji statistik yang digunakan adalah Chi-Square dan Uji Regresi Logistik. Hasil analisis dengan menggunakan uji Chi-Square menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna antara berbagai faktor yang mempengaruhi terjadinya autisme di kota Surabaya. Selanjutnya dilakukan analisis Regresi Logistik Ganda dengan memasukkan satu variabel utama dan 3 variabel konfonding, Variabel konfonding yang berhubungan adalah riwayat penyakit terdahulu (p-wald = 0,000) dan variabel lokasi rumah berada (p-wald = 0,001). Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi pencemaran merkuri yang terdapat dalam vaksin dengan membatasi izin edar vaksin yang mengandung thiomersal. Pemberian vaksin tunggal atau pemisahan vaksin triple dose akan menghindari kemungkinan terjadinya autisme.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP 39/08 Muk b
Uncontrolled Keywords: Faktor Dominan; Autisme
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV701-1420.5 Children > HV888-907 Children with disabilities
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ370-550 Diseases of children and adolescents
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Nur Mukarromah, SKM.,M.Kes.UNSPECIFIED
Lutfi Agus Salim, SKM.,M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Elvi Mei Tinasari
Last Modified: 15 Sep 2016 06:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42866
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item