ARGUMEN PEMERINTAH DALAM KEBIJAKAN KENAIKAN HARGA BBM: SEBUAH RHETORICAL ANALYSIS PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DARI THE FREEDOM INSTITUE KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI

Ratih Puspa, S.Sos., MA. and Dian Yulie Reindrawati, S.Sos., MM. and Sulikah Asmorowati, S.Sos., M.Dev.St (2005) ARGUMEN PEMERINTAH DALAM KEBIJAKAN KENAIKAN HARGA BBM: SEBUAH RHETORICAL ANALYSIS PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DARI THE FREEDOM INSTITUE KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2008-pusparatih-6309-kkbkk-2-k.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2008-pusparatih-6309-kkbkk-2-7-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan penerapan dari kajian Komunikasi Organisasi dan Kehumasan. Sebuah organisasi adalah sebuah entitas yang tidak hidup dalam ruang vacuum. Karena organisasi hidup di tengah-tengah masyarakat, maka organisasi harus mampu beradaptasi serta menjalin hubungan yang baik dengan lingkungan sekitarnya. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh organisasi adalah ketika organisasi itu harus berhadapan dengan isu yang kontroversial. Hal inilah yang dialami oleh Pemerintahan SBY dan The Freedom Institute ketika berhadapan dengan isu kenaikan harga BBM. Dalam situasi seperti ini organisasi dituntut untuk mampu berkomunikasi dengan publik yang memiliki kepentingan yang sama dengan organisasi. Dengan menggunakan kajian Retorika, penelitian ini bermaksud untuk mengungkapkan bagaimana sebuah organisasi memformulasikan pesannya, argumen-argumen yang dipakai, serta gaya retorika apa yang digunakan dalam situasi kontroversial semacam itu dengan menganalisis Ikian Layanan Masyarakat dari The Freedom Institute dan Kementerian Komunikasi dan Informasi. Tinjauan pustaka yang digunakan adalah teori-teori yang berkaitan dengan komunikasi organisasi, kehumasan, dan retorika. Juga akan dibahas tentang fungsi retorika bagi masyarakat serta relevansi retorika bagi masyarakat moderen seperti sekarang ini. Secara spesifik akan dibahas tentang berbagai macam teknik dan gaya retorika serta macam-macam aspek retorika yang nantinya akan diaplikasikan dalam penelitian ini. Secara khusus penelitian ini menggunakan konsep-konsep Retorika dari Aristoteles. Metode Penelitian yang dipakai adalah Analisis Retorika. Analisis ini merupakan salah satu bagian dari metode analisis tekstual kualitatif. Penelitian diiakukan dengan menganalisis serta mengaplikasikan aspek¬-aspek Retorika Ethos, Pathos, Logos, Aim, dan Mode ke dalam objek penelitian yaitu Iklan Layanan Masyarakat tentang kenaikan harga BBM dari The Freedom Institute dan Kementerian Komunikasi dan Informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Iklan Layanan Masyarakat dari The Freedom Institute lebih banyak menggunakan pendekatan Logos, sementara Iklan Layanan Masyarakat dari Menkominfo Iebih cenderung menggunakan pendekatan Pathos khususnya aspek Pity dan Shame

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 LP 03/07 Pus a
Uncontrolled Keywords: Kenaikan harga BBM
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8751-9295 Life insurance > HG8901-8914 Government policy. State supervision
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsEmail
Ratih Puspa, S.Sos., MA.UNSPECIFIED
Dian Yulie Reindrawati, S.Sos., MM.UNSPECIFIED
Sulikah Asmorowati, S.Sos., M.Dev.StUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Elvi Mei Tinasari
Date Deposited: 15 Jun 2017 23:46
Last Modified: 15 Jun 2017 23:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42885
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item