ANTIBODI MONOKLONAL STREPTOCOCCUS MUTANS DALAM PASTA GIGI TANPA DETERJEN SEBAGAI PENGHAMBAT PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS

Rini Devijanti R., drg., M.Kes. and Markus Budi Rahardjo, drg., M.Kes. and Retno Indrawati, drg., M.Si. (2005) ANTIBODI MONOKLONAL STREPTOCOCCUS MUTANS DALAM PASTA GIGI TANPA DETERJEN SEBAGAI PENGHAMBAT PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2008-rinidevija-6538-lp4008-t.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2008-rinidevija-6538-lp4008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Karies gigi merupakan suatu penyakit infeksi pada jaringan keras gigi yang mengakibatkan kerusakan struktur gigi dan bersifat kronis. Dan beberapa hasil penelitian di Jakarta dan Surabaya menunjukkan tingginya prevalensi karies gigi. Oleh karena itulah sampai saat ini usaha-usaha pencegahan karies gigi masih terus dilakukan, karena prevalensi karies yang masih tinggi. Ada beberapa cara yang dilakukan untuk pencegahan karies gigi, yaitu dengan memberikan penyuluhan (Dental Health Education/DHE), pemeliharaan kebersihan rongga mulut, menyikat gigi, pemberian fluor dalam air minum, fissure sealant dan yang terus dikembangkan saat ini adalah imunisasi pasif dengan antibodi monoklonal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui daya hambat pasta gigi tanpa deterjen dengan penambahan antibodi monoklonal IgA, IgG1 dan IgG3 Streptococcus mutans 1 (c) 67 kDa terhadap pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans. Penelitian ini dilakukan secara eksperimental di laboratorium dengan cara: pasta gigi tanpa deterjen diformulasikan dengan antibodi monoklonal IgA, IgG1, dan IgG3 pada suhu kamar (27°C), kemudian diamati zona hambatan pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans menggunakan cara dari Wistreich dan Lechtman. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan statistik non parametrik Kruskal Wallis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna zona hambatan pasta gigi tanpa deterjen dengan dan tanpa penambahan antibodi monoklonal IgG3. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil formulasi pasta gigi tanpa deterjen dengan antibodi monoklonal IgG3 dapat menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans yang ditunjukkan dengan adanya zona hambatan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi ilmiah tentang formulasi pasta gigi tanpa deterjen dengan antibodi monoklonal Streptococcus mutans untuk menghambat pertumbuhan Streptococcus mutans yang nantinya dapat dipakai untuk usaha prevensi karies gigi.

Item Type: Other
Additional Information: KKA KK LP.40/08 Rin a
Uncontrolled Keywords: ANTIBODI MONOCLONAL; STREPTOCOCCUS MUTANS; KARIES GIGI
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsEmail
Rini Devijanti R., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Markus Budi Rahardjo, drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Retno Indrawati, drg., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Elvi Mei Tinasari
Date Deposited: 14 Sep 2016 07:28
Last Modified: 14 Sep 2016 07:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42900
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item