FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEREMPUAN DALAM MENGHADAPI MENOPAUSE

Oedojo Soedirham, dr., MPH., MA., PhD. and Muji Sulistyowati, SKM., M.Kes. and Shrimarti R.Devy, Dra., M.Kes. (2004) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEREMPUAN DALAM MENGHADAPI MENOPAUSE. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2008-soedirhamo-6244-kkclp1-k.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2008-soedirhamo-6244-lp11907.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi-studi tentang menopause kebanyakan hanya meneliti dan aspek biologis jarang yang menghubungkan menopause dengan aspek sosiobudaya. Penelitian ini berusaha mengkaitkan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi adaptasi perempuan dalam menghadapi menopause dari sisi sosiobudaya. Untuk itu dilakukan penelitian dengan mengikutsertakan 40 responden perempuan di Surabaya dengan rentang usia 31-62 tahun. Pengambilan sampel secara purposive. Kriteria rentang usia responden dimaksudkan untuk menjaring populasi. Disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan perempuan tentang menopause cukup baik yaitu sebanyak 31 responden (77,50%) dalam kategori sedang dan baik. Sementara itu sikap para responden terhadap menopause cukup baik, dengan persentase responden yang memberikan jawaban yang seharusnya rata-rata di atas 50%. Hubungan faktor sosial (pendidikan, pekerjaan dan pendapatan) responden dalam menghadapi menopause dapat dilihat dari konsistensi temuan yang ada meskipun demikian masih perlu dilakukan penelitian lanjutan. Hampir semua responden (35 orang; 87,5 %) mengatakan bahwa tidak ada norma khusus bagi wanita dengan menopause. Masyarakat menganggap bahwa menopause merupakan hal yang wajar, tanpa harus mengadakan pembedaan dengan yang belum menopause.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP 119/07 Soe f
Uncontrolled Keywords: Menopause
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Oedojo Soedirham, dr., MPH., MA., PhD.UNSPECIFIED
Muji Sulistyowati, SKM., M.Kes.UNSPECIFIED
Shrimarti R.Devy, Dra., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Elvi Mei Tinasari
Last Modified: 14 Sep 2016 03:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42930
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item