TINGKAT KEPUASAN PASIEN SETELAH PEMBERIAN KOMUNIKASI INFORMASI DAN EDUKASI (K I E) OLEH APOTEKER DI APOTEK DI KODYA SURABAYA

ELIDA ZAIRINA, S.Si., Apt and HANNI PRIHASTUTI P., P., S.Si., Apt. and YUNITA NITA, S.Si., M.Pharm., Apt. (2005) TINGKAT KEPUASAN PASIEN SETELAH PEMBERIAN KOMUNIKASI INFORMASI DAN EDUKASI (K I E) OLEH APOTEKER DI APOTEK DI KODYA SURABAYA. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2008-zairinaeli-6805-lp1130-k.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2008-zairinaeli-6805-lp11308.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seorang apoteker agar dapat mengontrol penggunaan obat yang rasional oleh pasien harus mengoptimal-kan perannya dalam komunikasi langsung dengan pasien. Layanan informasi maupun konsultasi obat di apotek, selain menjadi tuntutan profesionalis-me apotek juga dapat dilihat sebagai faktor yang menarik minat konsumen terhadap pembelian obat di apotek. Saat ini layanan informasi dan konsultasi obat di apotek masih belum banyak dipraktekkan, dan kalaupun ada beberapa yang telah melakukannya kemungkinan masih belum optimal. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien setelah pemberian Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) oleh apoteker di apotek di kota Surabaya dan untuk mengetahui informasi apa raja yang didapatkan pasien dari apoteker saat melakukan KIE. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional � observasional. Penelitian dilakukan di 5 apotek di wilayah Surabaya. Pemilihan sampel apotek dilakukan dengan metode purposive sampling sedangkan pemilihan responden dengan non probability sampling. Variabel penelitian meliputi karakteristik responden (umur, jenis kelamin dan pendidikan terakhir), tingkat kepuasan pasien setelah mendapatkan KIE dari apoteker dan informasi yang didapatkan oleh pasien setelah pemberian KIE oleh apoteker. Instrumen pengambilan data menggunakan kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa sebanyak 41.2 % responden merasa cukup puas, 36 % responden merasa puas dan 19.9 % responden merasa sangat puas terhadap pemberian Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) yang diterima di apotek terpilih. Sedangkan informasi yang paling banyak diperoleh oleh pasien dari apoteker saat berkunjung ke apotek meliputi informasi tentang obat meliputi nama obat dan indikasi, dosis yang diberikan serta aturan pakai dan cara pemakaian obat.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 LP 113/08 Zai t
Uncontrolled Keywords: PATIENTS SATISFACTION; COMMUNITY PHARMACY
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
ELIDA ZAIRINA, S.Si., AptUNSPECIFIED
HANNI PRIHASTUTI P., P., S.Si., Apt.UNSPECIFIED
YUNITA NITA, S.Si., M.Pharm., Apt.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Elvi Mei Tinasari
Last Modified: 09 Sep 2016 10:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43028
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item