MODEL PELAYANAN KESEHATAN ( Studi Deskriptif Tentang Model Pelayanan Program Antenatal Care di Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Peterongan Kabupaten Jombang)

VARADINA AYU NOVIANDARI, 071211131102 (2016) MODEL PELAYANAN KESEHATAN ( Studi Deskriptif Tentang Model Pelayanan Program Antenatal Care di Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Peterongan Kabupaten Jombang). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.AN.31-16%20Nov%20m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada umumnya pelayanan kesehatan merupakan pelayanan umum untuk semua masyarakat yang diberikan oleh pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik. Dalam penerapannya seharusnya pemerinta mampu memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan masyarakat, namun dalam kenyataannya pelayanan yang telah diberikan tidak sesuai dengan pelayanan yang di inginkan masyarakat. Pelayanan publik terdiri dari beberapa aspek salah satunya yaitu aspek kesehatan, dalam pelayanan kesehatan yang menjadi masalah utama yang sangat penting yaitu masalah kesehatan ibu hamil. Masalah dalam pelayanan kesehatan untuk ibu hamil adalah tingginya angka kematian ibu khususnya diwilayah Jawa Timur yang menunjukkan rendahnya derajat kesehatan untuk ibu hamil. Maka untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut pemerintah menerapkan program antenatal care. Program antenatal care tersebut dilaksanakan di puskesmas dengan mempertimbangkan aspek keterjangkauan masyarakat pada pelayanan kesehatan. program antenatal care dilaksanakan disemua puskesmas termasuk Puskesmas Peterongan. Puskesmas Peterongan pada tahun 2015 mendapatkan penghargaan sebagai puskesmas berprestasi dengan kategori pelayanan terbaik yang diberikan kepada pasien. Pelayanan terbaik yang diberikan mencakup seluruh pelayanan yang ada di Puskesmas Peterongan, termasuk pelayanan pada program antenatal care. Pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pelayanan yang digunakan dalam program antenatal care di puskesmas Peterongan Kabupaten Jombang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif yang dimaksudkan untuk dapat memperoleh data yang lebih rinci. Kemudian setelah dilakukan penelitian maka dihasilkan gambaran tentang model pelayanan kesehatan program antenatal care di puskesmas Peterongan yang diadopsi dari model segitiga pelayanan dan dikendalikan dengan mekanisme voice.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.31/16 Nov m
Uncontrolled Keywords: pelayanan kesehatan, program antenatal care
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
VARADINA AYU NOVIANDARI, 071211131102UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorJusuf Irianto, Prof., Dr., Drs., M.ComUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 08 Sep 2016 06:13
Last Modified: 18 Jun 2017 17:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43040
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item