Dampak Usaha Ekonomi Kreatif Terhadap Masyarakat Desa Blawe Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri

RENSI MEI NANDINI, 071211132006 (2016) Dampak Usaha Ekonomi Kreatif Terhadap Masyarakat Desa Blawe Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
FIS.AN.35-16 Nan d.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
ABSTRAK 43044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak ekonomi dan sosial dari program ekonomi kreatif serta faktor-faktor yang mempengaruhi dampak program tersebut di Desa Blawe, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri. Ekonomi kreatif merupakan konsep ekonomi baru yang mengintensifkan terhadap ide dan kreatifitas baru sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan perekonomian. Di Desa Blawe, ekonomi kreatif yang paling berkembang adalah kerajinan korden, oleh karena itu desa tersebut ditetapkan sebagai sentra kerajinan korden, selain itu salah satu pengerajin korden pernah mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Timur sebagai Pelaku UKM berprestasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam dan observasi. Teknik penentuan informan dengan menggunakan key informan melalui purposive sampling yang selanjutnya berkembang dengan teknik snowball. Proses analisis data dilakukan dengan mengelompokkan serta mengkombinasikan data yang diperoleh dan juga menetapkan serangkaian hubungan keterkaitan antara data tersebut. Kemudian validitas data diuji melalui triangulasi data sehingga data yang disajikan merupakan data yang abash. Dari hasil penelitian dapat diidentifikasi bahwa masyarakat Desa Blawe sebagai kelompok sasaran dari program ekonomi kreatif telah merasakan dampak program ekonomi kreatif. Dampak yang dirasakan oleh masyarakat adalah dampak ekonomi berupa meningkatnya pendapatan masyarakat, terciptakan kesempatan kerja dan meningkatnya ekspor. Sedangkan dampak sosial yang terjadi adalah meningkatnya kualitas hidup, meningkatkan toleransi sosial dan pengurangan kesenjangan sosial. Dampak ekonomi dan sosial menunjukkan bahwa kehidupan masyarakat Desa Blawe menjadi lebih baik dibandingkan dengan kehidupan sebelumnya. Selain itu faktor-faktor yang mempengaruhi dampak program ekonomi kreatif adalah kondisi masyarakat, sumber daya yang memadahi dan program yang dapat diterima oleh masyarakat Desa Blawe.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.35/16 Nan d
Uncontrolled Keywords: ekonomi kreatif, dampak program, masyarakat
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2340.8-2346.5 Small and medium-sized businesses, artisans,handicrafts, trades
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
RENSI MEI NANDINI, 071211132006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorErna Setijaningrum, Dr., S.IP., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 08 Sep 2016 06:36
Last Modified: 18 Jun 2017 17:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43044
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item