EVALUASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENUNJANG EFEKTIFITAS PEMBERIAN PERSETUJUAN KREDIT KONSUMTIF PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk CABANG WONOGIRI JAWA TENGAH

ROHMAWATI, DWI RISKA PUDJI, NIM. 040217432 (2008) EVALUASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENUNJANG EFEKTIFITAS PEMBERIAN PERSETUJUAN KREDIT KONSUMTIF PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk CABANG WONOGIRI JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
gdlhub-gdl-s1-2007-rohmawatid-4327-babi.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
gdlhub-gdl-s1-2007-rohmawatid-4327-babii.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
gdlhub-gdl-s1-2007-rohmawatid-4327-babiii.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
gdlhub-gdl-s1-2007-rohmawatid-4327-babiv.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
gdlhub-gdl-s1-2007-rohmawatid-4327-babv.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
gdlhub-gdl-s1-2007-rohmawatid-4327-daftarp-n.pdf

Download (993kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Wonogiri-Jawa Tengah memahami betapa pentingnya memberikan pelayanan yang memuaskan kepada nasabahnya. Oleh karena itu, pihak bank berusaha mewujudkannya dengan cara memberikan kemudahan sistem dan prosedur dalam pemberian persetujuan kredit konsumtif. Untuk itu, pihak bank menerapkan suatu sistem informasi akuntansi yang memadai guna menunjang kelancaran dan efektifitas kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan kepada nasabah yang mengajukan permohonan kredit konsumtif. Penelitian ini akan membahas evaluasi sistem informasi akuntansi dalam menunjang efektivitas pemberian persetujuan kredit konsumtif pada bank BNI Kantor Cabang Wonogiri. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah survei lapangan, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sistem. Strategi analisis dominan yang digunakan adalah pengukuran efektivitas sistem berdasarkan wawancara dan perjodohan pola antara proposisi dengan basil wawancara yang kemudian ditarik kesimpulan, sedangkan strategi analisis pembantu (pelengkap) yang digunakan adalah kuesioner. Pengukuran efektivitas sistem yang digunakan adalah mengukur system quality, information quality, perceived usefulness, perceived ease of use, computer self efficacy, information system use, individual impact, system satisfaction, dan oganizational impact. Dari hasil evaluasi yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa sistem informasi akuntansi pemberian persetujuan kredit konsumtif pada bank BNI Kantor Cabang Wonogiri telah efektif dalam menunjang aktivitas putusan kredit konsumtif. Akan tetapi, meskipun sistem informasi akuntansi tersebut telah berjalan efektif tetap saja terjadi kredit macet pada tahun 2004 dan 2005, maka berdasarkan basil penelitian dapat diketahui bahwa kredit macet tersebut terjadi karena kesalahan yang dilakukan sumber daya manusia dari pihak bank (para pegawai) dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 74/07 Roh e
Uncontrolled Keywords: ACCOUNTING � DATA PROCESSING; MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS; INFORMATION RESOURCES MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ROHMAWATI, DWI RISKA PUDJI, NIM. 040217432UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIsnalita, Dra., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 19 Apr 2007 12:00
Last Modified: 17 Jun 2016 03:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4305
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item