Genotip virus hepatitis C pada penderita yang menjalani hemodialis sebagai populasi beresiko tinggi tertular virus hepatitis C di Surabaya, Indonesia

Retno Handajani, - and Mochammad Thaha, - and Ira Humaira, - (2012) Genotip virus hepatitis C pada penderita yang menjalani hemodialis sebagai populasi beresiko tinggi tertular virus hepatitis C di Surabaya, Indonesia. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2013-handajanir-27247-lp.10-13-g.pdf

Download (542kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Infeksi Virus Hepatitis C (VHC) masih menjadi masalah kesehatan di dunia termasuk di Indonesia. Dari tahun ke tahun, tdar banyak tl:rdell:ksi pcngidap penderita infeksi kronik VHC di seluruh dunia. Virus Hepatitis VHC dapat ditularkan secam parenteral. I\;nderita penyakit yang sedang menjaiani hemodialisis merupakan salah satu kelc.'n1pok penderita yang beresiko tinggi tertular infeksi VHC. Genotip tertentu VHC dilaporkan ikut bcrperan pada perjalanan infeksi virus hepatitis tersebut. Saat ini diketahui ada 6 genotipVHC didunia dan masing-masing genotip terdiri dari beberapa sUbtipe dengan penyebaran yang berbeda pada daerah geografi yang berbeda. Dikemukakan bahwa pada keadaan akut infeksi VHC sering tanpa gejala, sehingga sekitar 85% dari penderita yang terinfeksi VHC menjadi kronis. Prevalensi infeksi VHC cukup tinggi dan bervariasi pada penderita yang sedang menjalani hemodialisasi di berbagai negara dan infeksi VHC ini akan memperpendek umur penderita yang sedang menjalani hemodialisis. Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut diatas, maka dirasakan perlu dilakukan penelitian Genotip Virus Hepatitis C pad a penderita yaog sedang menjalani hemodialisis sebagai populasi beresilw tinggi tertular VHC di Surabaya, Indonesia.

Item Type: Other
Additional Information: KKA KK LP.10/13 Han g FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: Hemodialisis, resiko tinggi, Virus Hepatitis C, genotip.
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsEmail
Retno Handajani, -UNSPECIFIED
Mochammad Thaha, -UNSPECIFIED
Ira Humaira, -UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 28 Oct 2016 22:27
Last Modified: 28 Oct 2016 22:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43062
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item