Transplantasi alogenik sel punca sunsum tulang untuk perbaikan folikulogenesis dan hasil fertilisasi pada tikus model kegagalan ovarium dengan pemberian cisplatin

Hendy Hendarto, Dr., dr, SpOG(K) and Suhatno, Prof.,dr. SpOG(K) and Fedik A. Rantam, Pnlf. Dr., drh (2012) Transplantasi alogenik sel punca sunsum tulang untuk perbaikan folikulogenesis dan hasil fertilisasi pada tikus model kegagalan ovarium dengan pemberian cisplatin. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2013-hendartohe-27257-lp.20-13-t.pdf

Download (712kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Infertilitas merupakan salah satu konsekuensi kemoterapi pada wanita penderita kanker akibat efek sitotoksik yang menyebabkan kerusakan folike! akut. folikulogenesis abnormal sehingga terjadi kegagalan ovarium. Terdapat 2 faktor pertumbuhan, Growth Differentiation Factor-9 (GDF-9) dan Stem Cell Factor (SCF), yang penting untuk interaksi oosit-sel granulosa menjadi berubah sehingga mengganggu perkembangan folikel. Pada penelitian ini akan dievaluasi apakah transplantasi sel punca sumsum tulang (TSPST) mempunyai peran pada perbaikan folikulogenesis dengan memeriksa ekspresi GDF-9 dan SCF serta perkembangan folikel dengan menganalisis jumlah folikel primordial, primer, sekunder dan folikel de graafpada tikus model kegagalan ovarium dengan pemberian cisplatin.

Item Type: Other
Additional Information: KKA KK LP.20/13 Hen t FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: bone marrow, GDF-9, SCF,jollicle, ovarian/ailure
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM260-263 Chemotherapy
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Hendy Hendarto, Dr., dr, SpOG(K)UNSPECIFIED
Suhatno, Prof.,dr. SpOG(K)UNSPECIFIED
Fedik A. Rantam, Pnlf. Dr., drhUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 28 Oct 2016 22:55
Last Modified: 28 Oct 2016 22:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43072
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item