Pengaruh leverage dan ownership concentration terhadap kualitas audit dan nilai perusahaan serta laba persisten pada perusahaan - perusahaan publik yang listed di bursa efek Indonesia (Studi perbandingan antara perusahaan publik yang diaudit KAP 4 besar dan KAP non 4 besar)

Dodik Juliardi, SE., M.M., Ak (2013) Pengaruh leverage dan ownership concentration terhadap kualitas audit dan nilai perusahaan serta laba persisten pada perusahaan - perusahaan publik yang listed di bursa efek Indonesia (Studi perbandingan antara perusahaan publik yang diaudit KAP 4 besar dan KAP non 4 besar). UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2013-juliardido-27291-lp.12-13-p.pdf

Download (554kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Adanya kasus-kasus yang terjadi di dunia dan di Indonesia memotivasi untuk dilakukanm'l penelitian mi. Kualitas audit menjadi bagian yang penting untuk diperhatikan oleh klien Kant( ,I Akuntan Publik yang terdaftar sebagai emiten di Bursa Efek Indonesia. Auditor ekstemal merupakan profesi yang memberikan peranan pemeriksaan seeara ekstemal di pihak pemiltk atau pemegang saham. Audit berfungsi untuk mengurangi biaya agensi dengan eara memberikaT1 jamjnan kualitas infonnasi keuangan dan nilai perusahaan, oleh karenanya dapat menamhah ketepat.an dan efIsiensi kontrak antara prinsipal dan agen berdasar atas laporan keuangan. Mengacu pada teori keagenan, teori pecking order, teori assurance, teori akuntansi positiL dan teori pensinyalan. Studi ini menguji leverage, konsentrasi kepemilikan dan kulitas audit serta pengarubnya pada nilai perusahaan dan laba persisten (kualitas infonnasi laporan keuangan) Informasi akuntansi yang berkualitas menjadi acuan bagi para pihak yang berkepentingan (investor, kreditor, analis) dalam pengambilan keputusan. Beberapa kasus yang pemah te~jadi di Amerika maupun Indonesia memotivasi peneliti untuk mengetahui seberapa jauh klien dan auditor menaruh perhatian terhadap kualitas audit. Basil studi menunjukkan bahwa leverage berpengaruh signifikan pada nilai perusahaan untuk perusahaan-perusahaan manufaktur yang diudit oleh KAP 4 besar maupun KAP non 4 besar. Levarage tidak berpengaruh signifIkan terhadap kualitas audit untuk perusahaan-perusahaan manufaktur yang diaudit KAP 4 besar dan KAP non 4 besar. Konsentrasi kepilikan berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap kualitas audit untuk perusahaan-perusahaan manufaktur yang diaudit KAP 4 besar dan KAP non 4 besar. Kualitas audit tidak berpengaruh therhadap nilai perusahaan untuk perusahaan-perusahaan manufaktur yang diaudit KAP 4 besar dan KAP non 4 besar. Kualitas audit tidak berpengaruh terhadap laba persisten untuk perusahaan-perusahaan manufaktur yang diaudit KAP 4 besar, namun kualitas audit berpengaruh signifikan dengan arah negatifterhadap laba persisten untuk perusahaan-perusahaan manufaktur yang diaudit KAP non non 4 besar. Konsentrasi kepemilikan berpengaruh dengan arah positif terhadap laba persisten 1DltUk. perusahaan-perusahaan manufaktur yang diaudit o[eh KAP 4 besar maupun KAP non .:J besar. Temuan studi menunjukkan bahwa tidak ditemukan perbedaan antara KAP 4 besar dan KAP non besar untuk untuk semua hubungan antar variabel dalam studi ini, kecuali untuk hubungan antara kualitas audit dan laba persisten. Bahwa KAP non 4 besar mempunyai peranan atau aunpur tangan terhadap pengakuan laba sebagai penghasilan usaha normal usaha atau tidak termasuk daripada KAP 4 besar.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 LP.12/13 Jul p FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: Leverage, Konsentrasi Kepemilikan, Kualitas Audit, Nilai Perusahaan, Laba Persisten
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Dodik Juliardi, SE., M.M., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 28 Oct 2016 23:17
Last Modified: 28 Oct 2016 23:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43085
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item