Karakterisasi produk dan deteksi gen penyandi biosurfaktan bakteri acinetobacter sp. P2(1) : Upaya over produksi biosurfaktan untuk aplikasi industri

Fatimah, S.Si., M.Kes and Afaf Baktir, Dr., MS and Ahmad Thontowi, S.Si., M.Si (2013) Karakterisasi produk dan deteksi gen penyandi biosurfaktan bakteri acinetobacter sp. P2(1) : Upaya over produksi biosurfaktan untuk aplikasi industri. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
F1 abstrak.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
F1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian tahun ke-2 ini, bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengkarakterisasi lebih lanjut produk kasar biosurfaktan yang didapat pada penelitian tahun pertama. Pada tahun ke dua akan dilakukan pemurnian ekstrak kasar biosurfaktan, pemurnian senyawa aktif permukaan dilakukan dengan cara dialisis dan dilanjutkan dengan pemurnian menggunakan teknik kromatografi kolom berisi matriks penukar ion DEAE-selulosa (dietil aminoetil selulosa), selanjutnya dilakukan identifikasi senyawa aktif permukaan dengan analisis kromatografi cair kinerja tinggi (KCKT/HPLC) fasa balik dengan menggunakan kolom C-8 dan C-18 dan analisis spektroskopi senyawa biosurfaktan Acinetobacter sp. P2(1) menggunakan spektroskopi UV-Vis dan spektroskopi inframerah. Biosurfaktan yang telah dimurnikan selanjutnya dianalisis dengan spectrometer GC-MS untuk analisa bagian hidrofobiknya. Sementara itu analisis bagian hidrofil yang berupa lipopeptida dilakukan menggunakan Amino Acid analyzer. Analisis keberadaan bagian hidrofil yang berupa protein dideteksi dengan SDS PAGE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biosurfaktan yang diproduksi oleh Acinetobacter sp. P2(1) adalah kelompok lipoprotein dengan komponen lipid berupa asam lemak, dan komponen protein dengan berat molekul 56 kDa dan 87 kDa.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP.27/13 Fat k
Uncontrolled Keywords: Acinetobacter sp. P2( J), emulsification activity, surface tension, biosurfactant characteristics.
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
Q Science > QR Microbiology > QR1-502 Microbiology
Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Fatimah, S.Si., M.KesUNSPECIFIED
Afaf Baktir, Dr., MSUNSPECIFIED
Ahmad Thontowi, S.Si., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 30 Oct 2016 17:20
Last Modified: 30 Oct 2016 17:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43151
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item