Pengembangan indikator pemberdayaan untuk menentukan tingkat keberdayaan desa siaga

M. Bagus Qomaruddin, 2012 (2012) Pengembangan indikator pemberdayaan untuk menentukan tingkat keberdayaan desa siaga. UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (COVER)
gdlhub-gdl-res-2013-qomaruddin-27458-lp.41-13-p.pdf

Download (552kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sejak tahun 2006, kebijakan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan difokuskan pada pembentukan dan pengembangan desa siaga sebagai wahana menuju desa sehat. Inti dari desa siaga adalah memberdayakan masyarakat agar mau dan mampu untuk hidup sehat. Tujuan penelitian adalah untuk menentukan tingkat keberdayaan Desa Siaga. Penelitian ini merupakan penelitian observasional yang dilakukan secara cross sectional. Sampel penelitian adalah 150 de sa. Wawancara menggunakan kuesioner dilakukan pada responden di masing-masing desa yaitu 1 orang tokoh masyarakat, 1 orang kader kesehatan, dan 1 orang bidan di desa. Hasil pengukuran tingkat keberdayaan adalah cukup berdaya 31.1 % dan berdaya 30.1 %. Beberapa dimensi pemberdayaan yang berp~ngaruh terhadap cakupan pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan ada 5 dimensi, terhadap balita gizi buruk ada 2 dimensi, terhadap menimbang balita setiap bulan (DIS) ada 4 dimensi, terhadap kenaikan berat badan balita (NfD) ada 3 dimensi. terhadap pemberantasan sarang nyamuk (PSN) ada 5 dimensi. Saran adalah instrumen ini bisa dimanfaatkan untuk mengukur dan memetakan tingkat keberdayan desa siaga di wilayahnya, sebagai alternatif pengukuran strata desa siaga.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP.41/13 Qom p
Uncontrolled Keywords: Community empowerment, level ofpower, alert village
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN41-46 Community centers. Social centers
Divisions: Unair Research
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
M. Bagus Qomaruddin, 2012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorUNIVERSITAS AIRLANGGA, UNIVERSITAS AIRLANGGAUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 15 Sep 2016 05:18
Last Modified: 15 Sep 2016 05:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43165
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item