Mengenali Potensi Kewirausahaan (Menciptakan Lapangan Kerja) pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam Menghadapi Persaingan Global melalui Pelatihan Potency and Entrepeneurship (PPE).

Cholichul Hadi, '- (2011) Mengenali Potensi Kewirausahaan (Menciptakan Lapangan Kerja) pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam Menghadapi Persaingan Global melalui Pelatihan Potency and Entrepeneurship (PPE). Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA. (Unpublished)

[img] Text
KKB LP 01 12 Had m.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Data resmi dari Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Indonesia sampai dengan Februari 2010 mencapai 7,41 persen dari total angkatan kerja (116 juta orang). Meskipun secara umum tingkat pengangguran terbuka cenderung menurun, namun angka pengangguran tamatan SMA dan SMK masih diatas 10 persen dari total pengangguran terbuka. Kenyataan ini enunjukkan pentingnya pembekalan keterampilan berwirausaha sejak usia sekolah menengah sehingga lulusan sekolah menengah atas (SMA) ataupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dapat memiliki keterampilan khusus yang memungkinkan mereka bekerja atau berwirausaha membuka lapangan pekerjaan sendiri. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk menguji efektifitas pelatihan potency and entrepeneurship (PPE) dalam mengembangkan kemampuan kewirausahaan pada siswa sekolah menengah atas. Subyek penelitian ini adalah 35 siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA) di kabupaten Ngawi yang memiliki minat untuk berwirausaha dan tidak akan melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi karena alasan ekonomi. Diantara 35 subjek yang terlibat dalam eksperimen ini, hanya 18 subjek yang layak untuk dianalisis lebih lanjut karena mengikuti keseluruhan proses eksperimen dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan wirausaha siswa sekolah menengah atas setelah diberikan pelatihan potency and entrepeneurship (PPE) dimana nilai p-value statistik uji-t adalah sebesar 0,00 (<0,05). Hal ini menunjukkan efektifitas pelatihan potency and entrepeneurship (PPE) dalam meningkatkan kemampuan wirausaha siswa.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB KK-2 LP 01/12 Had m
Uncontrolled Keywords: entrepreneurship, potency and entrepreneurship(PPE) training, senior high school, kewirausahaan, pelatihan potency and entrepeneurship (PPE), siswa sekolah menengah atas
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB615-715 Entrepreneurship
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Sosial
Creators:
CreatorsNIM
Cholichul Hadi, '-UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 14 Sep 2016 04:18
Last Modified: 15 Apr 2022 05:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43208
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item