MEDIA ALTERNATIF PENGEMBANG-BIAKAN BAKTERI SELULOLITIK (Actinobacillus sp.) UNTUK PRODUKSI ENZIM PENDEGRADASI SERAT SECARA MASSAL

Mohammad Anam AI-Arif, 2011 (2011) MEDIA ALTERNATIF PENGEMBANG-BIAKAN BAKTERI SELULOLITIK (Actinobacillus sp.) UNTUK PRODUKSI ENZIM PENDEGRADASI SERAT SECARA MASSAL. UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (COVER)
gdlhub-gdl-res-2013-aiarifmoha-27679-lp16-12-m.pdf

Download (138kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Limbah pertanian mempunyai potensi yang besar sebagai pakan temak ruminansia karena produksinya yang tinggi, namun perIu diolah terlebih dahulu karena mempunyai kandungan protein yang rendah serta kandungan serat kasar yang tinggi. Pengolahan secara biologis menggunakan mikroba atau enzim merupakan cara pengolahan yang aman, namun untuk memproduksi enzim membutuhkan biaya yang relatif mahal. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan komposisi media altematif yang sesuai untuk pertumbuhan bakteri selulolitik (Actinobacillus sp.), mendapatkan produksi enzim selulase dengan aktivitas yang tinggi atau sebanding dengan media kontrol serta mengetahui karakter enzim selulase yang dihasilkan. Dibuat sebuah media pertumbuhan bakteri selulolitik yang terdiri dari bahanbahan kimia pro-analisa (M-O); serta tiga macam media altematif yang menggunakan jerami padi sebagai sumber karbon serta bahan-bahan kimia teknis. Sumber protein menggunakan urea (M-1), susu bubuk (M-2) serta hati ayam (M-3). Sebanyak 1% bakteri selulolitik (Actinobacillus sp.) ditanam pada masing-masing media kemudian diinkubasi pada suhu 40°C selama 33 jam dengan kecepatan 140 rpm. Dilakukan pengukuran kurva pertumbuhan dan produksi enzim selulase setiap interval waktu 3 jam, serta pengukuran aktivitas enzim dan karakterisasi enzim. HasH penelitian menunjukkan bahwabakteri yang ditanam pada media altematif membutuhkan waktu adaptasi lebih lama sebelum memasuki fase log (pertumbuhan); namun media altematif menggunakan bati ayam (M3) dan susu bubuk (M2) mempunyai puncak: pertumbuhan yang bampir sarna dengan kontrol. Produksi dan aktivitas· enzim selulase paling tinggi didapatkan dari media altematif menggunakan susu bubuk pada jam ke-24. Suhu dan pH optimum enzim selulase pada 50°C dan 8.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP 16/12 Ala m
Uncontrolled Keywords: Cellulolytic bacteria, Growth media, Mass production, Enzyme characterization.
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD415-436 Biochemistry
R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: Unair Research
Creators:
CreatorsNIM
Mohammad Anam AI-Arif, 2011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNIVERSITAS AIRLANGGA, UNIVERSITAS AIRLANGGAUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 14 Sep 2016 03:49
Last Modified: 14 Sep 2016 03:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43216
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item