KONDISI SOSIAL EKONOMIS DAN MEKANISME SURVIVAL MIGRAN WANITA YANG BEKERJA SEBAGAI BURUH INDUSTRI DI PERKOTAAN

SITI NORMA, Dra, MS. (1991) KONDISI SOSIAL EKONOMIS DAN MEKANISME SURVIVAL MIGRAN WANITA YANG BEKERJA SEBAGAI BURUH INDUSTRI DI PERKOTAAN. UNIVERSITAS AIRLANGGA, UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-normasiti-30863-2.abstr-.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
SITI%20NORMA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi utama kaum wanita melakukan migrasi ke kota adalah karena alasan ekonomis. Dibandingkan dengan kehidupan di pedesaan, kondisi sosial-ekonomis kaum wanita yang bekerja sebagai buruh industri memang relatif lebih baik. Tetapi, meskipun demikian bukan berarti pekerjaan sebagai buruh industri akan terus ditekuni dan disenangi kaum migran wanita. Banyak migran wanita yang diwawancarai menyatakan bahwa upah yang diterima tidak sebanding dengan tenaga dan tanggung-jawab pekerjaan yang harus ditanggung. Kecuali itu, mereka juga merasa bekerja sebagai buruh industri kurang memberikan harapan untuk masa depan. Hanya saja,.karena tidak ada alternatif pekerjaan lain yang bisa diharapkan, banyak kaum migran wanita mau tidak mau harus tetap bertahan menekuni pekerjaan yang sesungguhnya kurang disukai.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 331.481 338 Kon
Uncontrolled Keywords: BURUH
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6350-6940.7 Trade unions. Labor unions. Workers' associations
Divisions: Unair Research
Creators:
CreatorsEmail
SITI NORMA, Dra, MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 14 Sep 2016 00:28
Last Modified: 18 Jun 2017 17:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43336
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item