WANITA DI SEKTOR INDUSTRI RUMAHAN

Sutinah, Dra., MS. (1995) WANITA DI SEKTOR INDUSTRI RUMAHAN. UNIVERSITAS AIRLANGGA, UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-sutinah-30901-3.ringk-.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Sutinah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara mendalam kondisi sosial ekonomi wanita yang bekerja pada industri rumahan bidang konveksi khususnya yang telah berkeluarga. Lebih jauh penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui mekanisme kerja yang meliputi alokasi waktu, sistem pengupahan, dan besarnya upah yang diterima serta usaha yang dilakukan untuk menyiasati masa sepi. Disamping itu juga melihat besarnya sumbangan wan ita yang bekerja di sektor industri rumahan tersebut pada ekonomi keluarga. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Trate, Kabu~aten Gresik. Populasi penelitian adalah wanita ibu rumah tangga yang bekerja pada sektor industri (baca industri rumahan) bidang konveksi. Sampel dipilih dengan menggunakan dengan teknik snow-ball sampling dengan sampel sebesar 30 orang wanita pekerja. Koleksi data dilakukan dengan teknik wawancara terstruktur terutama untuk memperoleh data yang berkaitan dengan karakteristik responden dan dilakukan wawancara mend alam . Data yang diperoleh diolah terutama dengan anal isis kualite t i f. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah bahwa kondisi sosial ekonomi keluarga wan ita yang bekerja di sektor industri rumahan ini adalah rendah, hal ini bisa dilihat dari tingkatpendidikan, pekerjaan, dan penghasilan. Mengenai alokasi waktu, wanita di sektor industri rumahan ihi menjalankan pekerjaannya setelah llgas rumah tangganya selesai, meskipun ada juga yang jam kerjanya menca~ai lebih dari 8 jam per harinya. Dlam mel1ghadapi masa sepi sebagian besar wanita ini merJcari t.ambahan penghas i Ian dengan mencar i p,kerj a an pada juragan lain. sehingga tidak hanya tergantung pada satu juragan.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 331.4 Sut w-1
Uncontrolled Keywords: INDUSTRI RUMAHAN
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women
Divisions: Unair Research
Creators:
CreatorsNIM
Sutinah, Dra., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 13 Sep 2016 10:20
Last Modified: 28 Dec 2017 06:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43345
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item