ASPEK HUKUM KEGIATAN MODAL VENTURA SEBAGAI ALTERNATIF PEMBIAYAAN BERDASARKAN KEPPRES NO. 61 TAHUN 1988

EMAN, SH., MS and Gunawan, - and Agung Sujatmiko, - and Urip Santoso, - and L. Budi Kagramanto, - (1995) ASPEK HUKUM KEGIATAN MODAL VENTURA SEBAGAI ALTERNATIF PEMBIAYAAN BERDASARKAN KEPPRES NO. 61 TAHUN 1988. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-eman-30918-3.ringk-.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2014-eman-30918-12full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu bentuk usaha yang bergerak di bidang pembiayaan/lembaga pembiayaan adalah kegiatan bidang usaha Modal ventura, yaitu suatu badang usaha yang melakukan usaha pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal kedalam suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan untuk jangka waktu tertentu. Banyak peruaahaan modal ventura yang sudah berdiri, namun hingga saat ini praktis belum banyak yang bisa mereka kerjakan, meskipun pranata hukumnya telah tersedia sejak 20 Desember 1988 yang dituangkan dalam bentuk Keppres ,NO. 61 Tahun 1988 serta didukung dengan Keputusan Menteri Keuangan RI No. 1251/KMK;013/1988 tentang Ketentuan dan Tata Cara Pelaksanaan Lembaga pembiayaan. Secara ringkas modal ventura dapat digambarkan sebagai sebuah perusahaan yang didirikan oleh orang-orang yang memiliki dan& cukup besar dan bergerak khusus untuk membiayai perusahaan lain yang kekurangan dana walau perusahRen tersebut mempunyai potensi berkembang cukup baik. Perusahaan perta~ mr itulah yang disebut sebagai perusahaan penyedia dana/perusahaan modal ventura, yang secara khusus hanya membantu pembiayaan perusahaan-perusahaan y~ng membutuhkan dana guna mengembangkan usahanya. sedangkan perusahaan yg.membutuhkan dana/pembiayaan itu disebut sebagai perusahaan pasangan usaha atpu PPU. perusahaan modal ventura sengaja didirikan untuk menginvestasikandenanya pada PPU. Syarat untuk bisa menjadi PPU dari perusahaan modal ventura, antara lain bahwa perusahaan tersebut belum pernah go publiK serta mengajukan proposal permintaan modal usaha kePada perusahaan modal ventura. selanjutnya perusahaan modal ventura akan menilai kelayakan proposal yangdiajukan oleh calon PPU tadi.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 332.041 Asp
Uncontrolled Keywords: MODAL VENTURA
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4530 Investment companies. Investment trusts. Mutual funds
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsEmail
EMAN, SH., MSUNSPECIFIED
Gunawan, -UNSPECIFIED
Agung Sujatmiko, -UNSPECIFIED
Urip Santoso, -UNSPECIFIED
L. Budi Kagramanto, -UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 26 Oct 2016 22:33
Last Modified: 26 Oct 2016 22:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43354
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item