ANALISIS VALUE CHAIN SEBAGAI DASAR UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN DALAM UPAYA MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING PADA PT. X DI SURABAYA

Puspitasari, Suryani, NIM. 040217429 (2007) ANALISIS VALUE CHAIN SEBAGAI DASAR UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN DALAM UPAYA MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING PADA PT. X DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-puspitasar-5339-a19107-k.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (fulltext)
4338.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam era globalisasi ini, dunia usaha memerlukan standar kinerja yang tinggi. Kunci sukses sebuah perusahaan terletak pada kemampuan perusahaan untuk mencapai keunggulan bersaing. Perusahaan dapat memiliki keunggulan bersaing jika memiliki daya saing dalam tingkat kualitas, harga dan pelayanan. PT. X Surabaya selaku perusahaan yang bergerak dalam bidang pendistribusian barang juga harus menyadari akan ketatnya persaingan, sehingga perusahaan harus mengembangkan strategi yang baik dan tepat supaya dapat bertahan dan unggul dalam persaingan. Selama ini PT. X selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang cepat dan tepat dengan harga yang lebih murah. Perusahaan juga perlu melakukan perbaikan secara berkelanjutan terhadap aktivitas-aktivitas yang bernilai tambah (value added activities) dan senantiasa berusaha mengeliminasi aktivitas-aktivitas yang tidak bernilai tambah (non value added activities) yang dapat digunakan peusahaan untuk mencapai efisiensi dan efektifitas. Analisis Value Chain pada PT. X Surabaya, mengidentifikasi aktivitas-aktivitas yang membentuk Value Chain di perusahaan, bagaimana penerapan analisis Value Chain dalam mendukung strategi Cost Leadership serta bagaimana pengurangan biaya yang dihasilkan dapat mempengaruhi kemampuan bersaing perusahaan. Selain itu untuk meningkatkan kinerja manajemen, selain melakukan koordinasi antar aktivitas nilai internal perusahaan juga harus diimbangi dengan melakukan hubungan baik dengan pihak external perusahaan. Karenanya dengan memakai hubungan external tersebut diharapkan dapat mencapai hasil yang saling menguntungkan bagi pihak perusahaan, pemasok dan pelanggan menerima peningkatan manfaat itu sehingga merupakan kesuksesan dari Strategic Cost Management. Untuk menganalisis masalah-masalah tersebut telah dikumpulkan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan hasil pembahasan diperoleh simpulan bahwa aktivitas utama dan aktivitas pendukung pada PT. X masih terdapat non value added activities yang dilaksanakan tidak secara efisien sehingga menimbulkan non value added cost. Perusahaan hendaknya dapat mereduksi secara bertahap non value added cost sehingga dapat dicapai cost effectiveness dimana menyebabkan dapat meningkatkan kemampuan bersaing perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 191/07 Pus a
Uncontrolled Keywords: STRATEGIC PLANNING; VALUE CHAIN ANALYSIS (COST CONTROL)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
Puspitasari, Suryani, NIM. 040217429UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBasuki, Drs. H., M.Com. (Hons). Ph.D., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 03 Oct 2007 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 20:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4338
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item