FAKTOR -FAKTOR PENYEBAB DILAKUKANNYA KEJAHATAN KEKERASAN DI SURABAYA

Made Darma Weda, SH.,MS and Sampe Randa Tumanan, S.H., MS and Duta Nurdibyanandaru, Drs., MS and Sri Winarsih, S.H and Lilik Pudjiastuti, S.H (1995) FAKTOR -FAKTOR PENYEBAB DILAKUKANNYA KEJAHATAN KEKERASAN DI SURABAYA. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-wedamadeda-31075-3.ringk-n.pdf

Download (205kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kejahatan dengan kekerasan akhir-akhir ini nampak semakin meningkat, baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif. Hal ini tentunya sangat meresahkan masyarakat. Dalam Kitab Undang-undang Hukum Pida~a (KUHP) tidak terdapat pengertian tentang apa yang dimaksud dengan kejahatan kekerasan. Tetapi yang dimaksud dengan kejahatan kekerasan adalah bentuk kejahatan yang diatur dalam BAB IX KUHP. Henurut pasal 89 KUHP, melakukan kekerasan adalah membuat orang menjadi pingsan atau tidak berdaya lagi (Iemah). Dari pasal tersebut maka jenis kejahatan kekerasan sangat beragam, yaitu meliputi: pembunuhan, penganiayaan, pemerasan, perampasan, dan perkosan. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1. faktor-faktor apa yana mempenaaruhi orang untuk melakukan kejahatan kekerasan; 2. adakah pengaruh korban yang mendorong pelaku untuk melaku kan kejahatan kekerasan tersebut Untuk menjawab permasalahan tersebut di atas, di samping dilakukan studi kepustakaan juga dilakukan pencarian data tentang kejahatan kekerasan di Polwiltabes Surabaya. Data diperoleh dengan cara membaca Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Kepolisian, yang terdapat di Polwiltabes Surabaya. Dengan cara ini akan diperoleh keterangan-keterangan pelaku, motivasi dan peranan si korban. Hengingat sulitnya memperoleh BAP motivasi dan peranan si korban. Hengingat sulitnya memperoleh BAP, maka BAP yang dijadikan sampel adalah BAP yang mudah diperoIeh atau telah disediakan oleh Polwiltabes, yaitu sebanyak 25 BAP, yang meliputi kasus: pembunuhan; penjambretan; penganiayaan; kesus~!aanJ pemerasan; pencurian; perampokan. Cara ini dalam penelitian dikatakan secara purposive. ( Lihat lengkapnya di Fulltext Laporan Penelitian )

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK2-345. 052 Fak (FILE FULL TEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: Kejahatan ; Kekerasan
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV6001-7220.5 Criminology
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsEmail
Made Darma Weda, SH.,MSUNSPECIFIED
Sampe Randa Tumanan, S.H., MSUNSPECIFIED
Duta Nurdibyanandaru, Drs., MSUNSPECIFIED
Sri Winarsih, S.HUNSPECIFIED
Lilik Pudjiastuti, S.HUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 28 Oct 2016 02:15
Last Modified: 28 Oct 2016 02:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43413
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item