AUDIT MUTU PADA PELAYANAN JASA KAPAL DALAM MENILAI DAN MENINGKATKAN KEEFEKTIFAN SASARAN UNTUK SISTEM MANAJEMEN MUTU DI PT PELABUHAN INDONESIA III CABANG TANJUNG PERAK-SURABAYA

Indilasari, Ariyanti, NIM. 040013295 E (2005) AUDIT MUTU PADA PELAYANAN JASA KAPAL DALAM MENILAI DAN MENINGKATKAN KEEFEKTIFAN SASARAN UNTUK SISTEM MANAJEMEN MUTU DI PT PELABUHAN INDONESIA III CABANG TANJUNG PERAK-SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-indilasari-5784-a20605-k.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (fulltext)
4343.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada skripsi ini akan meneliti mengenai pelaksanaan audit mutu pada pelayanan jasa kapal yang difokuskan pada penilaian ketepatan waktu pelayanan, kesiapan operasional dan masalah keluhan pelanggan untuk menilai keefektifan sasaran yang ditetapkan untuk sistem manajemen mutu perusahaan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus karena fokus penelitian terletak pada fenomena masa kini dan hanya mengontrol peristiwa-peristiwa yang akan diselidiki karena keterbatasan waktu serta ketepatan dari pihak perusahaan sendiri, oleh sebab itu penelitian difokuskan pada bulan Oktober, November dan Desember tahun 2004. Dari hasil audit mutu yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa ketepatan waktu pelayanan jasa kapal masih dibawah standart yang ditetapkan, namun kecenderungan tren untuk ketepatan waktu pelayanan jasa kapal dari bulan Oktober, November dan Desember tahun 2004 mengalami penurunan rata-rata Waiting time menuju standart yang ditetapkan. Unuk kesiapan operasional kapal perusahaan dapat dikatakan sangat baik, walaupun pada bulan Oktober, November dan Desember tahun 2004 masih ada down time karena kerusakan, perbaikan dan perawatan kapal. Sedangkan untuk masalah keluhan pelanggan, didapati beberapa ketidakpuasan pelanggan pada bulan Oktober, November dan Desember tahun 2004, walaupun presentase ketidakpuasan pelanggan tersebut tidak begitu mempengaruhi penilaian mutu perusahaan. Dari hasil penelitian tersebut, diharapkan dapat digunakan sebagai langkah perbaikan dan peningkatan sistem manajemen mutu yang diterapkan perusahaan. Perbaikan sistem manejemen mutu dapat berupa perbaikan terhadap proses pelayanan, perbaikan terhadap sasaran yang ditetapkan, perbaikan terhadap ketersediaan sumber daya serta perbaikan terhadap proses pemantauan terutama pemantauan terhadap keluhan pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 206/05 Ind a
Uncontrolled Keywords: TOTAL QUALITY MANAGEMENT; MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
Indilasari, Ariyanti, NIM. 040013295 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorARSONO LAKSMANA, Prof. Dr., SE., Ak., CPAUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 14 Jan 2008 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 20:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4343
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item