EFEKTIFITAS SARANA KOMUNlKASI PENDIDIKAN YANG DIGUNAKAN TERHADAP BEBERAPA ASPEK KEGIATAN BELAJAR MAHASISWA FISIP UNAIR

Suhartati Hidayat, - (1986) EFEKTIFITAS SARANA KOMUNlKASI PENDIDIKAN YANG DIGUNAKAN TERHADAP BEBERAPA ASPEK KEGIATAN BELAJAR MAHASISWA FISIP UNAIR. LEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Proses be1ajar mengajar di ke1as-ke1as perku1iahan tampaknya tidak hanya menganda1kan bentuk komunikasi antara individu secara 1esan tetapi nampaknya pada kegiatan tersebut te1ah digunakan pula sarana komunikasi sebagai sarana pendidikan untuk mentransmisi i1mu pengetahuan oleh pengajar kepada mahasiswa. Namun demikian kegiatan transmisi i1mu pengetahuan pada kenyataannya cenderung tidak ter1epas dari fungsi-fungsi yang ada pada masing-masing peranan da1am kondisi be1ajar mengajar. Faktor penentu da1am beberapa aspek kegiatan be1ajar tidak hanya tergantung pada satu persatu dari sumber, pesan, media, sasaran dan ristorsi komunikasi tetapi rupa-rupanya faktor penentu efektifitas komunikasi akan terkait pada jaringan sist8m komunikasi yang berkaitan dengan kegiatan pengajar mahasiswa. Apa yang dimaksud oleh jaringan sistem komunikasi ada1ah dapat digambarkan seperti suatu cara yang te1ah dipi1ih oleh pengajar dan mahasiswa untuk menyesuaikan diri dan memberi interpretasi yang sama terhadap makna dari materi perku1iahan. Kemampuan dan kelemahan yang dimiliki oleh sarana komunikasi akan tampak peranannya dalam beberapa aspek kegiatan belajar FISIP Unair yang tampaknya sebagai efek komunikasi belajar dan mengajar. Maka dari pembicaraan yang dikemukakan akan terlihat bahwa berbagai jenis sarana komunikasi digunakan oleh pengajar untuk merangsang sasaran agar dapat memiliki kreativitas dalam penalaran atau dalam proses penerimaan pesan-pesan ilmu pengetahuan. Penggunaan berbagai jenis sarana komunikasi di perkuliahan cenderung tampak mengganbarkan bahwa pengajar bermaksud untuk mencapai tujuan instruksional yang telah ditetapkan dan apakah tujuan tersebut dapat dicapai dengan terlibatnya sarana komunikasi maka proses evaluasi terhadap penggunaan sarana komunikasi cenderung dilakukan untuk merumuskan jaringan sistem komunikasi yang lebih memadai yang akan dipilih oleh pengajar dalam proses belajar dan mengajar. Ada beberapa pendapat pengajar tentang hubungan keberadaan suasana belajar mengajar dengan efektifitas sarana komunikasi pendidikan yang digunakan dalam beberapa aspek kegiatan belajar mahasiswa FISIP Unair. Pendapat pengajar yang dikemukakan menyangkut beberapa variabel yang dianggap berpengaruh dalam proses belajar dan mengajar, yang pada kenyataannya karena mahasiswa dalam kehidupannya telah menganut sistem nilai maka faktor penentu yang ada hubungannya dengan beberapa aspek kegiatan belajar FISIP Unair nampaknya tidak hanya tergantung pada apa yang diperoleh mahasiswa melalui sarana komunikasi yang digunakan oleh pengajar tetap1 tergantung pula pada kondis1, kepercayaan, kebiasaan dan pola kehidupan mahasiswa.

Item Type: Other
Additional Information: KKS KK 378.007 And e-1
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN TINGGI-STUDI DAN PENGAJARAN
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education > LB2326.4-2330 Institutions of higher education
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsEmail
Suhartati Hidayat, -UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 15 Sep 2016 02:55
Last Modified: 28 Dec 2017 05:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43500
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item