PENELITIAN FUNGSI EKONOMI DAN SOSIAL PEMUKIMAN LIAR DALAM PEMBANGUNAN

J. Dwi Narwoko, Drs.,MA and I.B. Wirawan, Drs and Umar Hasyim, S.H and Soesetyanto, Drs and Siti Norma, Dra and Emmy Susanti, Dra (1983) PENELITIAN FUNGSI EKONOMI DAN SOSIAL PEMUKIMAN LIAR DALAM PEMBANGUNAN. LEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pertumbuhan kota-kota besar di negara-negara Dunia Ketiga setelah perang dunia kedua sangat mencengangkan. Kota-kota tersebut tumbuh menjadi kota-kota prima di wilayahnya atau negara nya. Investasi secara besar-besaran juga dilakuka.n disamping kota-kota tersebut sebagai pusat pemerintahan. Akibat dari ini semua banyak orang melakukan migrasi desa kota. Penduduk desa banyak yang mengadu nasib ke kota-kota besar itu. Sementara itu fasilitas yang disediakan oleh pemerintah kota berjumlah sedikit dan tak sebanding dengan jumlah penduduk yang harus dilayani. Salah satu fasilitas tersebut adalah fasilitas perumanan. Karena daya beli sebagian warga masyarakat tidak menjangkau akan ruman atau tanah maka banyaK para warga kota memenuhi kebutuhan perumahannya dengan mendirikan rumah-rumah diatas tanah negara atau tanah orang lain. Maka muncullah apa yang disebut sebagai pemukiman liar. Semakin lama semakin banyak penghuni pemukiman liar di kota-kota, tak terkecuali Surabaya sebagai kote terbesar kedua setelah Jakarta. Tanah seluas ratusan hektar digunakan untuk pemukiman jenis ini. Sementara itu timbul anggapan bahwa para penghuni pemu kiman ini bukanlah merupakan penghuni yang biasa. Mereka itu adalah orang-orang yang secara sosial tidak bisa dipertanggung jawabkan. Mereka adalah warga kota tersisihkan dari pergaulan. Mereka hidup soliter dan tidak mengindahkan akan ketentuan-ketentuan untuk hidup bermasyarakat. Mereka juga dianggap warga yang tak sah karena secara administratif tidak termasuk di dalam jangkauan administratif pemerintah, meski unit pemerintah.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 363.5 Pen 1
Uncontrolled Keywords: perumahan, pemukiman
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsEmail
J. Dwi Narwoko, Drs.,MAUNSPECIFIED
I.B. Wirawan, DrsUNSPECIFIED
Umar Hasyim, S.HUNSPECIFIED
Soesetyanto, DrsUNSPECIFIED
Siti Norma, DraUNSPECIFIED
Emmy Susanti, DraUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
AuthorJ. Dwi Narwoko, Drs.,MAUNSPECIFIED
AuthorI.B. Wirawan, DrsUNSPECIFIED
AuthorUmar Hasyim, S.HUNSPECIFIED
ContributorSoesetyanto, DrsUNSPECIFIED
ContributorSiti Norma, DraUNSPECIFIED
AuthorEmmy Susanti, DraUNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 01 Oct 2016 04:18
Last Modified: 01 Oct 2016 04:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43644
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item