MODIFIKASI STRUKTUR BENZOIL-N-AMPISILIN UNTUK MENDAPATKAN AKTIVITAS OPTIMAL TERHADAP BEBERAPA BAKTERI GRAM-POSITIF DAN GRAM-NEGATIF

Suko Hardjono, Drs., MS (1996) MODIFIKASI STRUKTUR BENZOIL-N-AMPISILIN UNTUK MENDAPATKAN AKTIVITAS OPTIMAL TERHADAP BEBERAPA BAKTERI GRAM-POSITIF DAN GRAM-NEGATIF. LEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kcsehatan adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Untuk memelihan kcsehatan dibuluhkan obat untuk mencegah dan melawan penyakit. Bervariasinya jenis penyakit, banyaknya kuman yang sudah kebal terhadap antibiotika tertentu dan adanya bcrbagai efek samping dari obat mendorong penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan struktur obat yang sudah ada atau mencari dan menemukan senyawa aktif baru. Turunan penisilin merupakan antibiotika pilihan pertama untuk pengobatan penyakit infeksi karena toksisitasnya relatif lebih rendah dibanding antibiotika lain, sehingga dipilih salah salu turunannya, yaitu ampisilin sebagai senyawa induk, ullIuk dikembangkan lehih lanjut. Dalam usaha optimasi aktivitas antibakteri terhadap bakteri Gram-negati t: dilakukan modifikasi dengan memasukkan gugus yang sangat lipofilik, yaitu n-butil yang mempunyai efek sterik besar, pada posisi para gugus benzoil (senyawa 1). Terhadap bakteri Gram-positif dilakukan modifikasi struktur ampisilin dengan memasukkan gugus yang bersifat lipofilik dan menunjukkan efek elektronik tinggi, yaitu gugus trifluorometil, pada posisi meta gugus benzoil (senyawa 2). Pemasukan gugus-gugus di atas dilakukan dengan mereaksikan turunan benzoil klorida dengan gugus N-amino dari ampisilin (reaksi asilasi) dengan pelarut tetrahidrofuran.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 615.19 Har m-1
Uncontrolled Keywords: kimia, farmasi
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Suko Hardjono, Drs., MSUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
AuthorSuko Hardjono, Drs., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 28 Sep 2016 08:40
Last Modified: 28 Sep 2016 08:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43671
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item