PENGARUH MEDIA MASSA TERHADAP KENAKALAN REMAJA (Studi Kasus Kenakalan Remaja Di Surabaya)

Soetojo Darsosentono, Drs., MS (1992) PENGARUH MEDIA MASSA TERHADAP KENAKALAN REMAJA (Studi Kasus Kenakalan Remaja Di Surabaya). UNIVERSITAS AIRLANGGA, -. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-soetojodar-35464-2.ringka--.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
23.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti pada masalah perkembangan media massa khususnya televisi swasta, yang akhir-akhir ini dinilai banyak pihak sarat dengan tayangan film-film Barat. Ada kesan, perkembangan media massa telah menimbulkan kekhawatiran akan dampaknya yang negatif pada kalangan remaja. Remaja sebagai kalangan yang sedang nencari identitas diri, serta dalam proses transisi dari anak-anak menuju dewasa, dinilai merupakan kalangan yang paling mudah terpengaruh oleh berbagai budaya asing yang hadir melalui media massa. Beranjak dari itu, dibangunlah asumsi bahwa kenakalan remaja berkait erat dengan membanjirnya informasi dan budaya asing yang hadir melalui media massa. Penelitian ini mencoba membuktikan kebenaran asumsi yang dibangun tersebut. Apakah benar bahwa kenakalan remaja merupakan fenomena yang muncul karena banyak dipengaruhi kehadiran media Massa? Pertanyaan ini akan dijawab melalui penelitian survey yang dilakukan di kecamatan Gubeng, kotamadya Surabaya. Dengan sampel 100 responden, penelitian ini digarap berdasar metode kuantitatif, dengan dilengkapi beberapa analisis kualitatif. Dari data hasil penelitian memperlihatkan, bahwa secara umum kenakalan remaja merupakan masalah yang kompleks yang berkaitan dengan berbagai faktor sosial maupun individual. Kenakalan remaja merupakan masalah yang muncul tidak semata-mata dikarenakan kehadiran media massa dengan tayangan-tayangannya. Point lain yang perlu dicatat dari hasil penelitian ini adalah, bahwa tidak semua salah kenakalan remaja berhubungan dengan terpaan seseorang terhadap media massa. Ada beberapa hal yang memang berhubungan namun banyak pula masalah kenakalan remaja yang tidak berhubungan dengan terpaan media.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK2 364.36 Pen 1
Uncontrolled Keywords: HUKUM
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsEmail
Soetojo Darsosentono, Drs., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 04 Oct 2016 03:09
Last Modified: 04 Oct 2016 03:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43889
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item