BIOTRANSFORMASI MDMA (ECSTASY) STUDI PADA PENYALAHGUNAAN ECSTASY

Fasich, Dr., H., Apt. (2000) BIOTRANSFORMASI MDMA (ECSTASY) STUDI PADA PENYALAHGUNAAN ECSTASY. UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-fasich-35466-2.-ringk-n.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
22.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian studi Biotransformasi MDMA atau Ecstasy di dalam sampel urin untuk tujuan penanggulangan penyalahgunaan MDMA yang saat ini sedang melanda semua lapisan masyarakat dengan berbagai macam akibat yang mengancam tatanan kehidupan manusia. Studi Biotranformasi ini dititik beratkan pada penelitian tentang penelusuran perubahan struktur molekul MDMA di dalam urin dari MDMA. Studi ini sangat penting artinya untuk kajian metabolisme dan kimia forensik sebagai pembuktian adanya penyalahgunaan MDMA. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode analisis dengan memakai teknik analisis instrumen terpadu GC-MS dengan variabel analisis yang sudah teruji validasinya. Alasan pemilihan teknik GC-MS untuk penelitian ini mengingat tidak mungkin didapat SRM (Standart Reference Material) MDMA untuk pembanding MDMA yang akan ditentukan, sedangkan di dalam perangkat lunak GC-CMS Library Standart untuk MDMA terkoleksi spektrurn massa dan struktur molekulnya. Disamping itu teknik analisis GC-MS mempunyai kemampuan untuk pemisahan yang selektif terhadap campuran komponen di dalam matrik sampel yang komplek. Dari hasil pengamatan Biotransfomasi MDMA didalam urin dengan pengamatan in vitro maupun in vivo ternyata MDMA mengalami biotransformasi akan tetapi molekul MDMA sendiri masih bisa terdeteksi dengan intensitas yang masih tinggi; Kenyataan lain yang didapat dari hasil penelitian ini adalah ketidaksamaan hasil biotransforrnasi MDMA di dalam urine secara invitro dan in vivo. Biotransformasi MDMA di dalam urin in vivo jauh lebih rumit dan hal ini merupakan peluang bagi para peneliti lainnya untuk melanjutkan penelitian ini yang dilaksanakan dalam suatu rancangan penelitian yang lebih terkendali.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 362.29 Fas b
Uncontrolled Keywords: PENYALAHGUNAAN ECSTASY
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC554-569.5 Personality disorders. Behavior problems Including sexual problems, drug abuse,suicide, child abuse
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM300-666 Drugs and their actions
Divisions: Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Fasich, Dr., H., Apt.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 04 Oct 2016 04:03
Last Modified: 04 Oct 2016 04:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43890
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item