ORIENTASI PADA PERSATUAN DAN KEBERSAMAAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KETERBUKAAN, KEBERANIAN MENGAMBIL RESIKO DAN FLEKSIBILITAS ORGANISASI

Ardianto, SE., Ak and MOH. NASIH, Drs., Ak and Heru Tjaraka and Tanti Hendriana (1999) ORIENTASI PADA PERSATUAN DAN KEBERSAMAAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KETERBUKAAN, KEBERANIAN MENGAMBIL RESIKO DAN FLEKSIBILITAS ORGANISASI. UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-ardianto-35488-3.ringka--.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Setiap organisasi harus berhadapan dengan lingkungannya masing-masing serta memandang, mempersepsikan dan menanggapi kondisi lingkungan tersebut dengan caranya masing-masing. Kondisi lingkungan tersebut akan mendorong organisasi untuk mengembangkan karakteristiknya masing-masing dalam bersikap, berfikir, memecahkan masalah, mengambil keputusan serta bertindak dan berperilaku. Secara umum, lingkungan usaha dipilah menjadi 2 macam: eksternal dan internal. Lingkungan organisasi (bisnis) saat ini dipenuhi oleh fenomena ketidak-pastian, kebaruan, keanekaragaman dan kesementaraan. Adagium yang menyebutkan bahwa yang paling pasti adalah ketidak pastian itu sendiri menjadi tidak terbantahkan Pada SiSI internal, aspek lingkungan juga tidak kalah kompleks dan beragamnya. Dalam lingkungan yang sangat kompleks seperti saat ini, setiap organisasi yang ingin tetap bertahan hidup, tumbuh dan berkembang dituntut untuk lebih terbuka, berani mengambil resiko dan fleksibel. Meski demikian, diidentifikasi tidak semua organisasi memenuhi tuntutan tersebut. Sekurang-kurangnya, tuntutan tersebut mendapatkan tanggapan yang tidak sama yang ditandai oleh adanya status dan tingkat (karakteritik) keterbukaan, keberanian mengambil resiko serta fleksibilitas yang tidak sama. Diidentifikasi, kultur organisasi khususnya yang berkaitan dengan orientasi pada nilai-nilai yang berkembang dalam organisasi mendorong terjadinya perbedaan pemberian respon akan tuntutan Iingkungan tersebut. Masalahnya adalah perbedaan karakteristik dan tingkat keterbukaan, keberanian pengambilan resiko dan fleksibilitas yang disebabkan oleh adanya perbedaan karakteristik dan atau orientasipada persatuan dan kebersamaan organisasi? Penelitian ini ditujukan untuk menjawab pertanyaan atau masalah di atas melalui pengidentifikasian atas orientasi perusahaan pada (nilai) persatuan dan kebersamaan serta karakteristik keterbukaan, keberanian mengambil resiko dan fleksibilitas organisasi serta mengidentifikasi apa dan bagaimana pengaruh orientasi pada (nilai) persatuan dan kebersamaan terhadap keterbukaan, keberanian mengambil resiko dan fleksibilitas organisasi. Untuk itu telah dirancang metode penelitian yang melibatkan aspek-aspek yang dikelompokkan menjadi 2 (dua) yakni karakteristik organisasi sebagai variabel dependen.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK2 366 Ori
Uncontrolled Keywords: SOSIAL STRUKTUR
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Ardianto, SE., AkUNSPECIFIED
MOH. NASIH, Drs., AkUNSPECIFIED
Heru TjarakaUNSPECIFIED
Tanti HendrianaUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 06 Oct 2016 03:30
Last Modified: 06 Oct 2016 03:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43910
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item