UPAYA PERLINDUNGAN NASABAH BANK TERHADAP PENYALAHGUNAAN KEADAAN OLEH BANK (Tinjauan Yuridis Standar Kontrak Perjanjian Kredit Perbankan)

LEONARA BAKARBESY, S.H (2014) UPAYA PERLINDUNGAN NASABAH BANK TERHADAP PENYALAHGUNAAN KEADAAN OLEH BANK (Tinjauan Yuridis Standar Kontrak Perjanjian Kredit Perbankan). Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-leonorabak-32028-3.ringka-.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

1. Masatah Penelttian Perkembangan dunfa perbankan Indonesia mengalami kemajuan yang cukup pesat. Dalam pada ltu, dalam rangka menarlk dana maupun menyalurkan dana kepada masyarakat plhak bank berlomba dengan menawarkan berbagai fasilitas dan produk layanannya bagl pengguna jas perbankan. Namun demlklan dalam perkembangannya. khususnya mengenal hubungan kontraktual yang terladi antara bank dengan nasabah (deposan/penabung maupun debitor). plhak bank pada umumnya telah memperslapkan medlanya yaltu melalul model kontrak tandar yang eecara sepihak dlbuat oleh bank sendlri. Kontrak staandar yang dlbuat seeara sepihak acapkall melahtrkan suatu ketimpangan dalam hubungan kontraktual, utamanya bagl pihak yang secara ekonomis maupun posisinya lemah. Untuk ltu tetaah ajaran penyalahgunaan keadaan (misbruik van omstandigheden) kiranya patut dijadikan bahan kajian, demi perHndungan terhadap poslsl nasabah yang selalu lebih lemah dibandingkan dengan posts! bank. Untuk itu dalam penelitian lnl dirumuskan suatu masalah sebagai bertkut: Bagaimana upaya perJindungan hukum nasabah bank terhadap penyalahgunaan keadaan oleh bank dalam perjanjian kredit? 2. Tujuan Dan Mantaat Penelitian Penelltian ini bertujuan untuk mengkaji ajaran penyalahgunaan keadaan (mtsbrutk van omstandigheden), dimana posisi lemah dari nasabah diharapkan terlindungi dengan penerapan asas lnl. Selain itu manfaat kajian lni akan menambah luasnya c~krawala serta khasanah nmu hukum, khususnya hukum perjanjlan, juga diharapkan dengan pemahaman tn! akan menjadi rambu-rambu serta aturan main dikalangan pelaku perbankan Indonesia. 3. Metode Penelltlan Pelaksanaan penelitian Ini dilakukan dengan menggunakan metode penelltian studi dokumenter. yaltu dengsn mempelajarl dokumen yallg dlperoleh untuk kernudlan dikaitkan dengan kajian teorltla (eeae. prinslp, doktrln maupun Jurlsprudensl dan temuan lelnnye). Menglngat keterbatassn bank, dengan perlnelan 2 (dua) bank pemertntah dan 2 (dua) bank sweets yang ada di Surabaya. Dari kajian tersebut diatas (dengan analisis deskrlptlf normatit) yang membandingkan temuan lapangan dengan kajian teoritis, selanjutnya ditarik kesimpulan. 4. Simpulan Dan saran Posisi nasabah dalam hubungannya dengan. pihak bank (dalam kaitannya kcntrak standar bank) adalah lemah. Kondisi ini berakfbat pemanfaatkan kedudukan posts! yang unggul terhadap yang lemah dalam memaksa kesepakatan dalam perjanjian tersebut. Ajaran penyalahgunaan keadaan (misbruik van omstandigheden) dapat dijadikan dasar pijakan untuk mengkaji ekststenet euetu kontrak standar, dengan derrukian dlharapkan akan terclpta suatu hubungan kontraktual yang seimbang dan [ujur.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK2 368.504 Upa
Uncontrolled Keywords: BANK dan GARANSI
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts > K1066-1089 Banking
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
LEONARA BAKARBESY, S.HUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Last Modified: 26 Sep 2016 11:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43914
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item