PENGAWASAN DAN PRODUKTIVITAS KERJA : STUDI TENTANG FUNGSI PENGAWASAN DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN DI PERUSAHAAN INDUSTRI DAERAH "SARANA DAN BANGUNAN" PROPINSI DAERAH TINGKAT I JAWA TIMUR

Soenyota Rais, Drs. MA and Benny Soembodo, Drs. (2014) PENGAWASAN DAN PRODUKTIVITAS KERJA : STUDI TENTANG FUNGSI PENGAWASAN DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN DI PERUSAHAAN INDUSTRI DAERAH "SARANA DAN BANGUNAN" PROPINSI DAERAH TINGKAT I JAWA TIMUR. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-raissoenyo-32042-2.ringk-.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui seberapa jauh fungsi pengawasan oleh pimpinan langsung sehubungan dengan produktivitas kerja karyawan, terutama menyangkut hasil kerja yang dibebankan dan menjadi tanggung jawab karyawan. Lokasi penelitian di Perusahaan Industri Daerah "Sarana dan Bangunan", Propinsi Tingkat I Jawa Timur, dengan jumlah responden 125 orang. Pengawasan yang dilakukan oleh pimpinan langsung terhadap hasil kerja dan produktivitas kerja karyawan, berlangsung dengan efisien dan efektif. Hal ini dapat terjadi, oleh karena kegiatan pengawasan tersebut ditunjang oleh adanya informasi yang akurat, baik informasi mengenai hasil kerja dari Gugus Kendali Mutu, penyebaran informasi mengenai standar hasil kerja yang harus dicapai, dan juga mengenai penyebaran informasi hasil rapat koordinasi. Di samping itu, pengarahan-pengarahan juga sering dilakukan sehubungan dengan sebagian besar karyawan hanya berpendidikan sampai tingkat SMTP saja. Oleh karena adanya pengawasan yang dilakukan oleh atasan langsung terhadap karyawannya, ini member dampak positif terhadap meningkatnya produktivitas kerja, sedikitnya kesalahan yang dilakukan karyawan, penggunaan sumber daya yang maksimal, serta hasil kerja yang meningkat. Selain itu, adanya norma kelompok, yang dalam hal ini norma prestasi kelompok, ternyata juga berpengaruh terhadao perilaku individu yang mana pada akhirnya mempengaruhi pul pada tingkat produktivitas kerja karyawan. Apabila norma prestasi kelompok tinggi, maka tingkat produktivitas kerja karyawan akan tinggi pula.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 331.118 Rai p
Uncontrolled Keywords: Pengawasan; produktivitas; kerja; sarana dan bangunan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58 Industrialization
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsEmail
Soenyota Rais, Drs. MAUNSPECIFIED
Benny Soembodo, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 23 Oct 2016 17:36
Last Modified: 23 Oct 2016 17:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43921
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item