TINGKAT KERENTANAN DAN STRATEGI KELANGSUNGAN HIDUP PETANI TEMBAKAU (Studi Tentang Mekanisme Suvival Proses Adaptasi Petani Tembakau Pasca Kebijakan Tata Niaga Cengkeh)

Benny Soembodo, Drs (2014) TINGKAT KERENTANAN DAN STRATEGI KELANGSUNGAN HIDUP PETANI TEMBAKAU (Studi Tentang Mekanisme Suvival Proses Adaptasi Petani Tembakau Pasca Kebijakan Tata Niaga Cengkeh). UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-soembodobe-32186-2.abstr-k.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini intinya bertujuan untuk melihat sejauh mana dampak kebijaksanaan tata niaga cengkeh mempengaruhi perubahan tingkat pendapatan, kerentanan, sistem pemasaran, dan strategi kelangsungan hidup petani tembakau. Lokasi penelitian dilakukan di Kelurahan Pacing, Kecamatan Kapas, Bojonegoro. Jumlah sampel yang diwawancarai 100 responden. Beberapa temuan pokok penelitian ini adalah. (1.) Meskipun awalnya usaha berbudidaya termbakau dianggap menguntungkan tetapi sejak pabrik rokok mengurangi jumlah pembelian akibat kebijaksanaan harga yang ditetapkan BPPC --harga tembakau menjadi anjlok dan meruhgikan petani; (2) Dibandingkan sebelum ada BPPC, saat ini Kadar kerentanan petani tembakau umumnya relatif tinggi. Hal itu dicerminkan bukan saja dari penurunan luas lahan yang digarap atau yang dimilikinya. Tetapi juga dari total pendapatan yang diperolehnya sehari-hari; (3) Sejak kehadiran tata niaga cengkeh, umumnya petani tembakau merasa semakin sulit memasarkan hasil produksinya, dan (4) Strategi kelangsungan hidup yang dikembangkan petani tembakau untuk mengeliminasi tekanan ekonomi awalnya diusahakan secara mandiri. Bila usaha mandiri ini tidak lagi bisa diandalkan, biasanya kerabat atau keluarga akan menjadi harapan terakhir untuk dijadikan tempat meminta bantuan.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 307.72 Soe t
Uncontrolled Keywords: PEMBANGUNAN DESA
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Benny Soembodo, DrsUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 23 Oct 2016 19:22
Last Modified: 23 Oct 2016 19:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43996
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item