POLA ADAPTASI PEMBANTU RUMAHTANGGA DI LINGKUNGAN PEMUKIMAN KOTA (Telaah Adaptasi Pembantu Rumahtangga di Masyarakat Kota, khususnya kalangan Elit dan Menengah)

L. Budi Kagramanto, - (1990) POLA ADAPTASI PEMBANTU RUMAHTANGGA DI LINGKUNGAN PEMUKIMAN KOTA (Telaah Adaptasi Pembantu Rumahtangga di Masyarakat Kota, khususnya kalangan Elit dan Menengah). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jumlah orang yang terllbat dalam sektor jasa domestik (pembantu rumahtangga) semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan kota-kota. Kahidupan di masyarakat kota sedemikian kompleks sehingga banyak pekerjaan kerumahtanggaan yang tidak sempat diselesaikan. Pada kondisi inilah kehadiran pembantu rumahtangga kian berarti. MasaJah utama yang menyangkut kehidupan pembantu rumahtangga di kota adalah adaptasi yang mereka lakukan terhadap nilai-nilai budaya yang ada di kota, terutama yang berkaitan dengan ekonomi mereka (pengelolaan keuangan). Sudah menjadi semacan cap produksi kalau para pembantu rumahtangga berasal dari desa dan wanita. Kehidupan di desa dan di kota secara hipotetis berbeda. Desa sering digambarkan sebagai masyarakat yang homogen dalam mentalitas dan moralitasnya, mempunyai collective conscince, yang artinya ialah memiliki total atas kepercayaan dan sentimen yang sama, dimana belum dikenal diferensiasi fungsi atau pembagian pekerjaan secara terperinci dan renik. Sedangkan kota digambarkan sebagai suatu masyarakat yang heterogen, lugas dan yang senantiasa memikirkan keadaan di masa mendatang (futuristik).

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 307.76 San p
Uncontrolled Keywords: SOSIOLOGI KERJA
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsEmail
L. Budi Kagramanto, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email nafisa@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 04 Oct 2016 08:25
Last Modified: 04 Oct 2016 08:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/44012
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item