DAMPAK PENGEMBANGAN MANAJEMEN USAHA GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) “SEJAHTERA” PADA TINGKAT KINERJA PETANI PENERIMA PROGRAM PENGEMBANGAN USAHA AGROBISNIS PEDESAAN (PUAP) di Desa Mertani Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan

SELVIANA DEWI, 071211131101 (2016) DAMPAK PENGEMBANGAN MANAJEMEN USAHA GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) “SEJAHTERA” PADA TINGKAT KINERJA PETANI PENERIMA PROGRAM PENGEMBANGAN USAHA AGROBISNIS PEDESAAN (PUAP) di Desa Mertani Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.AN.64-16%20Dew%20d.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dampak pengembangan manajemen usaha Gabungan Kelompok Tani “Sejahtera” pada kinerja petani penerima Program PUAP di Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan. Masalah yang mendasari adalah fenomena kemiskinan pada masyarakat peertanian di pedesaan, pada tahun 2008 Kementeriian Pertanian mencanangkan Program Pengembangan Usaha Argobisnis Pedesaan (PUAP) yang menjadi salah satu langkah yang ditempuh dalam rangka memberdayakan petani melalui peningkatan kapasitas petani. Dalam mencapai tujuan Program PUAP dibutuhkan pengelolaan yang efektif dari gabungan kelompok tani sebagai pelaksana program ini. Gapoktan Sejahtera sebagai salah satu penerima program PUAP mengembangkan manajemen usaha yang berdampak pada kinerja petani anggota Gapoktan . Penelitian ini menggunakan teori pengembangan manajemen dan kinerja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik penentuan informan secara purposive sampling dan dilanjutkan dengan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh tersebut kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan kemudian penarikan kesimpulan sepanjang proses pengambilan data. Sedangkan untuk menguji validitas data digunakan metode triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan manajemen yang dilakukan Gapoktan “Sejahtera” berdampak pada kinerja petani, hal itu berdasarkan tiga aspek yaitu: peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan produktivitas petani, peningkatan modal usaha petani. Jadi pengembangan manajemen usaha mampu meningkatkan kinerja petani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.64/16 Dew d
Uncontrolled Keywords: Manajemen Usaha, Kinerja Petani, Kelompok Petani
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SELVIANA DEWI, 071211131101UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSunaryo, Drs., PGDipPLg., M.PSt.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 09 Sep 2016 04:26
Last Modified: 20 Jun 2017 17:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/44024
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item