INOVASI PELAYANAN PUBLIK (Studi Upaya Inovasi Paket Perizinan oleh Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perizinan)

SINTIA ANDAYANI, 071211133029 (2016) INOVASI PELAYANAN PUBLIK (Studi Upaya Inovasi Paket Perizinan oleh Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perizinan). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (774kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.AN.69-16 And i-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya inovasi paket perizinan dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo. Dalam implementasinya masih banyak ditemui kekurangan-kekurangan seperti keterlambatan penyelesaian, proses pengurusan yang masih rumit, atau praktek-praktek percaloan hingga kecurangan yang berasal dari pihak intern sendiri. Untuk mengatasi masalah-masalah ini Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo melakukan inovasi pengurusan perizinan menggungkan sistem paket perizinan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pelayanan, teori inovasi pelayanan dan kualitas pelayanan yang dinilai menggunakan indikator yang telah dielaborasi dari beberapa teori sehingga mendapatkan empat indikator yaitu Tangible, Reliability, Credibility, dan Competency. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, tipe dekskriptif dengan lokasi penelitian di BPPT Sidoarjo. Dalam penentuan informan penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling baik untuk pengguna layanan ataupun pemberi layanan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dilakukan analisa dengan menggunakan reduksi data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan upaya inovasi paket perizinan meningkatkan kualitas pelayanan perizinan di BPPT Sidoarjo melalui penyederhanaan persyaratan, penghematan biaya, dan percepatan penyelesaian perizinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FIS.AN.69/16 And i
Uncontrolled Keywords: inovasi pelayanan, paket perizinan, pelayanan publik
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD62.2-62.8 Management of special enterprises
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
SINTIA ANDAYANI, 071211133029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWahyuni Triana, Dra., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 09 Sep 2016 06:57
Last Modified: 23 Jul 2017 19:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/44029
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item