KEEFEKTIFAN PROGRAM PENGOLAHAN ADMINISTRASI DESA SECARA ELEKTRONIK (PADE) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA PEMERINTAHAN DESA (Studi Deskriptif di Desa Sidorejo, Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan)

NAILUN NI’MAH, 071211133056 (2016) KEEFEKTIFAN PROGRAM PENGOLAHAN ADMINISTRASI DESA SECARA ELEKTRONIK (PADE) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA PEMERINTAHAN DESA (Studi Deskriptif di Desa Sidorejo, Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.AN.72-16 Nim k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan program Pengolahan Administrasi Desa secara Elektronik (PADE) sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik pada Instansi Pemerintahan Desa. Merespon buruknya kualitas pelayanan maka Pemerintah Kabupaten Lamongan menciptakan inovasi pelayanan publik yaitu program Pengolahan Administrasi Desa secara Elektronik (PADE) yang salah satunya di Desa Sidorejo Kecamatan Deket karena desa tersebut memperoleh juara pertama desa percontohan PADE terbaik pada tahun 2015. Teori yang digunakan adalah efektivitas program oleh Siagian, terdapat 8 indikator untuk mengukur efektivitas program yakni kejelasan tujuan, penyusunan program, sistem pengendalian dan pengawasan, pelaksanaan program secara efisien efektif, sarana prasarana, analisis dan perumusan kebijakan, serta perencanaan yang matang. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan program PADE di Desa Sidorejo Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan secara umum telah efektif, dilihat dari tercapainya 7 dari 8 indikator efektivitas program yang telah sesuai dengan tujuan program PADE,meskipun dalam satu aspek masih terdapat kekurangan yaitu strategi pencapaian tujuan dengan belum terintegrasinya sistem informasi antar SKPD, dan belum meratanya implementasi PADE di seluruh desa Kabupaten Lamongan. Saran yang diberikan adalah melakukan sosialisasi PADE, berintegrasi dengan sistem pelayanan administrasi lain, melakukan upgrade sistem dan melakukan evaluasi secara terorganisir dan berkala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.72/16 Nim k
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Program PADE, Pelayanan
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary > HV7935-8025 Administration and organization
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
NAILUN NI’MAH, 071211133056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErna Setijaningrum, Dr., S.IP., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 09 Sep 2016 08:22
Last Modified: 09 Sep 2016 08:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/44032
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item