Studi Deskriptif tentang Strategi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pasuruan dalam Penanggulangan Bencana Kekeringan Di Wilayah Kabupaten Pasuruan

Lailan Nahar, 071111005 (2016) Studi Deskriptif tentang Strategi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pasuruan dalam Penanggulangan Bencana Kekeringan Di Wilayah Kabupaten Pasuruan. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.compressed.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.AN.73-16 Nah s-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bencana merupakan suatu ancaman yang sifatnya tidak terduga, merugikan dan sulit dihindari. Salah satunya yaitu bencana kekeringan di Kabupaten Pasuruan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pasuruan merupakan suatu instansi yang memiliki fungsi koordinasi, komando dan pelaksana penanggulangan bencana. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan tentang strategi yang dilakukan oleh BPBD Kabupaten Pasuruan dalam penanggulangan bencana kekeringan kekeringan yang terjadi di Kabupaten Pasuruan pada masing-masing tahapan bencana, dengan menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui dokumentasi, observasi dan wawancara mendalam. Pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling selanjutnya berkembang dengan teknik snowball. Proses analisis dilakukan dengan mengelompokkan data dan mengkombinasikan data yang diperoleh, kemudian juga dengan mengkorelasikan antara data yang diperoleh dengan kenyataan di lapangan. Sedangkan validitas data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Hasil penelitian yang diperoleh di lapangan menunjukkan bahwa strategi BPBD Kabupaten Pasuruan dalam penanggulangan bencana kekeringan pada tahapan pra bencana menggunakan strategi WO, ST dan SO. Pada tahapan tanggap darurat strateginya yaitu strategi SO dan ST. Sedangkan strategi pada tahap pasca bencana yaitu SO, WO dan WT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.73/16 Nah s
Uncontrolled Keywords: bencana, kekeringan, penanggulangan bencana, strategi dan analisis SWOT.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Lailan Nahar, 071111005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEko Supeno, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 09 Sep 2016 08:31
Last Modified: 20 Jun 2017 17:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/44033
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item