STUDI DAMPAK INTENSITAS PENGAWASAN OMBUSDMAN PERWAKILAN JAWA TIMUR PADA TINGKAT AKUNTABILITAS PELAYANAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN SURABAYA

ARDIAN FIRMANSYAH, 070911045 (2016) STUDI DAMPAK INTENSITAS PENGAWASAN OMBUSDMAN PERWAKILAN JAWA TIMUR PADA TINGKAT AKUNTABILITAS PELAYANAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.AN.76-16 Fir s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan dampak intensitas pengawasan oleh Ombudsman Perwakilan Jawa Timur pada tingkat akuntabilitas pelayanan BPJS Kesehatan sedangkan lokus penelitian yang diambil adalah di Kota Surabaya dengan demikian maka pihak yang berwenang menjalankan fungsi pelayanan adalah BPJS Kesehatan Cabang Surabaya. BPJS Kesehatan yang berada di daerah ini menjalankan tugas dan fungsi sebagai pengelolaan dan manajemen penjaminan kesehatan baik dari kepesertaan hingga pelayanan di seluruh faskes yang bemitra dengan BPJS Kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pemilihan informan penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sementara itu, pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara mendalam serta studi dokumentasi. Analisis data dilakukan pada saat pengumpulan data kemudian mereduksi data, menyajikan data, verifikasi dan menarik kesimpulan hasil penelitian. Selain itu, penelitian ini juga menguji keabsahan data yang diperoleh dengan beberapa cara yaitu membandingkan informasi/data dengan berbagai cara, menggali kebenaran informasi tertentu melalui berbagai metode dan sumber perolehan data, serta membandingkan informasi dengan teori yang relevan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas pengawasan yang dilakukan oleh Ombudsman Perwakilan Jawa Timur berdasarkan pelaporan masyarakat yang masuk mampu memberikan gambaran terkait masalah pelayanan yang dialami oleh pengguna BPJS Kesehatan di faskes yang menjadi mitra BPJS Kesehatan serta permasalahan administrasi di Kantor Cabang Surabaya. Dampak positif yang diterima oleh masyarakat yang melaporkan pengaduan ke Ombudsman adalah masalah yang mereka adukan diselesaikan langsung oleh pihak terkait yaitu BPJS Kesehatan, faskes-faskes yang tergabung sebagai mitra BPJS Kesehatan melalui mediasi yang dipimpin langsung oleh Ombudsman Perwakilan Jawa Timur sedangkan bagi BPJS Kesehatan pengawasan ini belum berdampak langsung pada peningkatan akuntabilitas pelayanan mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.76/16 Fir s
Uncontrolled Keywords: Ombudsman, intensitas, pengawasan, akuntabilitas, pelayanan, BPJS Kesehatan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG9371-9399 Health insurance
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
ARDIAN FIRMANSYAH, 070911045UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSunaryo, Drs., PGDipPLg., M.PSt.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 09 Sep 2016 08:44
Last Modified: 09 Sep 2016 08:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/44036
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item