FAKTOR-FAKTOR SOSIAL POLITIK YANG MEMPENGARUHl MAHASISWA DALAM MENYUARAKAN REFORMASI EKONOMI DAN POLITIK: STUDI KASLJS AKSI-AKSI DEMONSTRASI MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA SELAMA DAN SESUDAH SIDANG UMUM MPR MARET 1998

Kris Nugroho, 131801408 (1998) FAKTOR-FAKTOR SOSIAL POLITIK YANG MEMPENGARUHl MAHASISWA DALAM MENYUARAKAN REFORMASI EKONOMI DAN POLITIK: STUDI KASLJS AKSI-AKSI DEMONSTRASI MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA SELAMA DAN SESUDAH SIDANG UMUM MPR MARET 1998. UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-nugrohokri-32268-2.ringk-n.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mendasarkan pada fenomena maraknya aksi-aksi demonstrasi mahasiswa yang berkembang selama krisis ekonomi tahun 1997 ddan awal 1998. Hahasiswa berbagai universitas di Indonesia bergerak melakukan "perlawanan politik" terhadap kekuasaan orba, termasuk mahasiswa Universitas Airlangga. Substansi politik demonstrasi dapat dibagi ke dalam 3 isu politik. Pertama, mereaksi terjadinya krisis ekonomi yang berdampak lUBs bagi masyarakat. Kedua, krisis ekonomi hanya diatasi kalau ada reformasi politik. Ketiga, reformasi politik berarti Soeharto mundur dari kekuasaan. Tujuan penelitian ini berupaya mengungkapkan faktor-faktor sosia1 dan politik yang mendorong mahasiswa Unair ikut melakukan aksi demonstrasi serta isu-isu ideologis apa yang menjadi landasan politik maahasiswa dalam menyuarakan tuntutan reformasi politik dan ekonomi yang berkembang selama aksi-aksi demonstrasi. Wawancara terhadap 115 responden dari 10 fakultas di Unair yang dipilih secara aksidentil, rnenunjukkan hasil 5bb; bahwa faktorfaktor sosial politik yang mendorong mahasiswa untuk berdemonstrasi adalah ketidakpuasan atas pernburukan kondisi ekonomi politik dan kehidupan politik orba yang dinilai tidak demokratis yang akhirnya mendorong untuk diadakan perubahan po1itik.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 322.44 Fak
Uncontrolled Keywords: reformasi
Subjects: H Social Sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
Kris Nugroho, 131801408UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 21 Sep 2016 05:20
Last Modified: 28 Dec 2017 00:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/44043
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item