POTENSI DAN PROSPEK PENGEMBANGAN OBYEK DAN ATRAKSI WISATA BUDAYA PARIWISATA JAWA TIMUR Studi tentang kesan wisatawan mancanegara terhadap keberadaan dan kekhasan obyek dan atraksi wisata budaya pariwisata Jawa Timur

SUDARSO, -- (1993) POTENSI DAN PROSPEK PENGEMBANGAN OBYEK DAN ATRAKSI WISATA BUDAYA PARIWISATA JAWA TIMUR Studi tentang kesan wisatawan mancanegara terhadap keberadaan dan kekhasan obyek dan atraksi wisata budaya pariwisata Jawa Timur. UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-drssudarso-35843-4.-ringk--.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah-masalah utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Obyek dan atraksi wisata budaya di Jawa Timur yang paling disukai wisatawan mancanegara; (2) Tujuan-tujuan wisata Jawa Timur yang pernah dikunjungi wisatawan mancanegara; (3) Penilaian wisatawan mancanegara terhadap keberadaan souvenir di daerah wisata Jawa Timur. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui selera atau keinginan wisatawan mancanegara terhadap potensi dan kekhasan wisata budaya pariwisata Jawa Timur. Wawancara telah dilakukan terhadap 100 responden (wisatawan mancanegara) yang ditemui di tempat wisata: Bromo, Halang dan Kabupaten Pasuruan. Sampel penelitian dipilih secara accidental sampling. Beberapa temuan pokok yang didapat dari penelitian ini adalah: (1) Para wisatawan mancanegara umumnya lebih tertarik pada daerah tujuan wisata yang memiliki keunikan dalam tata cara dan adat istiadat masyarakat setempat; (2) Sebagian besar para wisatawan mancanegara sedikit sekali melihat atraksi budaya yang khas dari daerah Jawa Timur; (3) Wisatawan mancanegara sudah banyak yang membeli souvenir untuk oleh-oleh pulang ke negaranya masing-masing. Jenis souvenir yang disukai oleh para wisman adalah patung ukir-ukiran, pakaian, dompet dan tas kulit. Namun para wisman wisata menganggap bahwa banyak keberadaan souvenir di daerah wisata di Jawa Timur belum memadai, dalam arti belum menunjukkan kekhasan budaya lokal masyakarat di daerah tujuan wisata yang dikunjungi.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK 338.479 15982 Pot
Uncontrolled Keywords: WISATA BUDAYA, PARIWISATA, ATRAKSI BUDAYA
Subjects: H Social Sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
SUDARSO, --UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 20 Sep 2016 09:34
Last Modified: 28 Dec 2017 05:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/44066
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item